visitaaponce.com

Pj Gubernur DKI Minta Perusahaan Swasta Juga Menerapkan WFH

Pj Gubernur DKI Minta Perusahaan Swasta Juga Menerapkan WFH
aryawan Badan Kepegawaian Daerah (PNS-BKD) Pemprov DKI beraktivitas pada hari pertama masuk kerja kebijakan bekerja dari rumah(MI / Susanto)

PENJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengimbau sekaligus menginginkan agar perusahaan swasta ikut menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Kebijakan itu guna mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi polusi udara akibat penggunaan transportasi pribadi yang tinggi di wilayah DKI Jakarta.

"Mohon jangan salahkan Pemprov DKI semata dalam kaitan kasus polusi udara Jakarta termasuk peringkat terburuk di dunia. Maksud kita mari bersama-sama baik pemerintah maupun swasta. Sebab, pegawai Pemprov DKI hanya 25.000 orang. Pergerakan manusia di Jakarta itu 25 juta. Harapan saya, semua bisa ikut serta menerapkan kebijakan WFH, tetapi tidak lantas mengurangi pertumbuhan ekonomi," kata Heru Budi, di Jakarta, Rabu (23/8).

Heru menambahkan, usaha menekan polusi udara di Jakarta harus dilakukan secara bersama-sama. Adapun usaha yang saat ini tengah dilakukan yakni giat menanam pohon di seluruh wilayah DKI dan menerapkan kebijakan WFH.

Baca juga : PLN Ogah PLTU Disebut Sebagai Biang Kerok Polusi

"Kedua usaha ini diharapkan tidak hanya berjalan di lingkungan Pemprov DKI semata, tetapi pihak swasta juga bisa terlibat dalam usaha mengurangi polusi udara di Ibu Kota," imbaunya.

Baca juga : 4 Perusahaan Disegel Terkait Polusi Udara Jabodetabek

Heru mengatakan, terhadap ASN yang mendapat giliran WFH, pihaknya melakukan pengawasan kinerja yang bersangkutan melalui video call secara langsung.

"Saya bisa video call. Jadi saya minta ke Pak Wali Kota mana yang WFH. Misalnya kepala bagian ekonomi, kita bisa video call dan tanya kamu di mana," jelas Heru Budi.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyatakan, kebijakan WFH tidak hanya diterapkan untuk pekerja di lingkungan Pemprov DKI, tetapi juga di lingkungan kementerian.

"Kita bersama-sama dengan seluruh kementerian sepakat untuk work from home. Ini lagi kita bahas di Menpan dan RB, nanti dikeluarkan aturannya," tandas Budi Karya selepas acara Jakarta Half Marathon, di Monas, Jakarta, Minggu (20/8). (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat