visitaaponce.com

Heru Klaim Upaya Mereduksi Polusi Udara Sudah Dipercepat

Heru Klaim Upaya Mereduksi Polusi Udara Sudah Dipercepat
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono(MGN/Theofilus Ifan Sucipto)

PENJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengklaim sudah mengakselerasi upaya mereduksi polusi udara. Berbagai hal sudah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Pemda (pemerintah daerah) DKI sudah melakukan percepatan-percepatan untuk melakukan penurunan polusi," kata Heru di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Senin (28/8).

Heru mengatakan langkah pertama, yakni berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Mereka memberi peringatan hingga penegakan hukum bagi industri yang diduga mengeluarkan emisi di luar batas.

Baca juga: Semalam Diguyur Hujan, Kualitas Udara Jabodetabek Tetap Tidak Sehat

"Berikutnya, menguji emisi dan saya secara bertahap meminta industri untuk sama-sama menurunkan polusi," papar dia.

Selain itu, Pemprov DKI berencana mengajak pengelola gedung tinggi di Jakarta bekerja sama. Mereka tengah menggarap konsep bernama mass water.

"Nanti Pak Asep (Kuswanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI) akan sampaikan konsepnya. Panduannya harus ada," ujar Heru.

Baca juga: Masyarakat yang Tinggal di Pemukiman Padat Penduduk Paling Dirugikan oleh Polusi

Heru menyebut panduan itu penting supaya pengelola gedung tinggi memiliki gambaran. Sehingga implementasi mass water untuk mereduksi polusi udara berhasil.

"Nanti ketika mengumpulkan pemilik-pemilik atau pengelola gedung sudah ada konsepnya. Jam (penerapannya) harus sama," jelas dia. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat