visitaaponce.com

Hampir Satu Juta kendaraan Bermotor dari Bodetabek Masuk ke Jakarta Tiap Hari

Hampir Satu Juta kendaraan Bermotor dari Bodetabek Masuk ke Jakarta Tiap Hari
kemacetan akibat kepadatan kendaraan pribadi di Jakarta(MI/Usman Iskandar)

KEPALA Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, sebanyak 997.669 kendaraan bermotor dari Bodetabek masuk ke Jakarta setiap hari. Kemudian, 77,2% dari total tersebut adalah kendaraan roda dua.

Syafrin menjelaskan, kendaraan bermotor yang masuk ke Jakarta ini terbesar berasal dari Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Untuk memfasilitasi komuter dari Bodetabek ke Jakarta pemerintah telah menyediakan transportasi publik seperti KRL Commuterline, TransJakarta, dan MRT Jakarta.

Syafrin menyebutkan saat ini sudah ada LRT Jabodebek dan diharapkan mampu untuk menjadi alternatif pilihan bagi warga Depok dan Bekasi untuk menuju Jakarta tanpa kendaraan pribadi. Dengan semakin banyaknya rute angkutan massal, ia pun berharap pengguna kendaraan pribadi bakal berkurang dan turut mengurangi polusi udara.

Baca juga : Tidak ada Solusi Instan Atasi Polusi Jakarta

"Saya akan membahas bersama Dishub Depok dan Bekasi agar mau menyediakan kantong parkir 'park and ride' agar pengurangan kendaraan pribadi bisa terlaksana," ungkap Syafrin ditemui di Jakarta Pusat, Senin (28/8).

Di samping itu, program uji emisi juga harus digalakkan. Ia mendorong agar warga mau uji emisi serta melakukan perawatan rutin terhadap kendaraan bermotornya. Dengan demikian, polusi udara juga bisa ditekan.

"Uji emisi kita harapkan pemilik mau merawat motornya sehingga emisi serta semuanya memenuhi standard," tandasnya. 

Saat ini jika ada kendaraan bermotor yang tidak memenuhi standard emisi, pemiliknya akan diberi teguran dan diedukasi. Namun, ia mengingatkan tilang uji emisi akan diberlakukan pada 1 September mendatang. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat