visitaaponce.com

Banyak Motor di Jakarta Belum Jalani Uji Emisi, Apa Penyebabnya

Banyak Motor di Jakarta Belum Jalani Uji Emisi, Apa Penyebabnya?
Jumlah pengendara motor di Jakarta lebih banyak dibandingkan dengan pengendara mobil(MI/USMAN ISKANDAR)

JUMLAH kendaraan roda empat yang sudah uji emisi ada 1 juta lebih kendaraan. Namun, jumlah kendaraan roda dua yang melakukan uji emisi baru 101 ribu.

Ada ketimpangan dalam jumlah kendaraan yang sudah diuji emisi. Hal ini merupakan data dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Padahal, dari data Polda Metro Jaya, jumlah kendaraan roda dua di Jakarta justru lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan roda empat.

Hal ini pun diakui oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Erni Pelita Fitratunnisa.

Baca juga: DLH DKI Jakarta Latih Teknisi Bengkel Uji Emisi di Bandung

Fitri, sapaan akrabnya, mengatakan, jumlah bengkel uji emisi yang menyebabkan masih sedikitnya jumlah kendaraan roda dua yang melakukan uji emisi.

"Jadi betul, roda dua jumlahnya lebih banyak yang bermobilisasi di Jakarta. Tapi, ketersediaan bengkel uji emisi untuk roda dua masih terbatas," ungkapnya dalam konferensi pers di Balai Kota, Jumat (8/9).

Baca juga: Kendaraan belum Uji Emisi Dikenakan Tarif Parkir Rp7.500 per Jam

Hal ini pun, sambung Fitri, berkorelasi dengan jumlah kendaraan yang terkena tilang uji emisi. Jumlah kendaraan roda dua, menurut dia, lebih besar jumlahnya yang terkena tilang uji emisi dibandingkan kendaraan roda empat.

"Kalau yang kena tilang sampai dengan saat ini banyak roda dua juga. Karena yang kena tilang itu rata-rata masyarakat yang masih awam terhadap informasi uji emisi seperti driver gojek, grab. Rapi DLH terus melaksanakan kampanye, sosialisasi, publikasi," jelasnya.

Adapun saat ini, terdapat 333 unit bengkel untuk kendaraan roda empat dan 107 kendaraan roda dua yang dapat melakukan uji emisi di Jakarta.

"Ini yang sedang kami kejar supaya bengkel-bengkel untuk uji emisi kendaraan roda dua makin bertumbuh. Jadi masih terbatas tapi kami DLH, kemudian Suku Dinas Lingkungan Hidup di wilayah kota itu masih menyediakan uji emisi gratis untuk kendaraan roda dua dan roda empat," tuturnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat