visitaaponce.com

Sodetan Bukan Solusi Satu-satunya Atasi Banjir Jakarta

Sodetan Bukan Solusi Satu-satunya Atasi Banjir Jakarta
Sodetan Kali CIliwung bukan satu-satunya solusi atasi banjir Jakarta(MI/Ramdani)

SODETAN Kali Ciliwung yang rampung dan diresmikan pada Desember tahun lalu bukan satu-satunya cara untuk mengatasi banjir Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum di Kelurahan Kebon Baru, Jakarta Timur, Jumat (10/11).

Ia menjelaskan, Sodetan Kali Ciliwung hanya mengurangi ketinggian genangan di enam kelurahan di antaranya Kampung Melayu, Bidara Cina, dan Kebon Baru.

"Fungsinya sodetan itu untuk mengurangi tinggi genangan dan lama durasi waktu banjirnya," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Kota Bandung Tuntaskan 12 Lokasi Rawan Banjir

Untuk banjir di wilayah lain bisa diatasi dengan upaya lain semisal normalisasi sungai, pembuatan waduk, pengerukan saluran, pembuatan saluran 'crossing', dan lainnya.

Khususnya di daerah aliran sungai, normalisasi menjadi kunci untuk mengurangi banjir. Selama normalisasi belum tuntas, genangan akan tetap terjadi.

Baca juga: Atasi Banjir, Pemanfaatan Dua Waduk Hulu 13 Sungai Lintas Jakarta di Bogor Dimaksimalkan

Terutama pada daerah aliran Kali Ciliwung. Kali Ciliwung di wilayah DKI akan memiliki debit air yang cukup besar karena berasal dari beberapa daerah hilir seperti Bogor dan Depok atau 'fleet way'.

"Kalau daerah genangan itu masih akan tetap ada ya. Terutama daerah bantaran-bantaean kali. Jadi jangan ekspektasinya dengan sodetan itu bebas banjir, nggak. Apalagi Kali Ciliwung," tandasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat