visitaaponce.com

Tunjuk Rais Baru, JATMAN DKI Ajak Syiarkan Tarekat

Tunjuk Rais Baru, JATMAN DKI Ajak Syiarkan Tarekat
Musyawarah Wilayah JATMAN DKI Jakarta menetapkan KH Muhammad Danial Nafis sebagai Rais dan Ustaz Irawan Santoso Mudir Idharoh Wustho.(Dokpri.)

MUSYAWARAH Wilayah Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyah (JATMAN) DKI Jakarta menetapkan KH Muhammad Danial Nafis sebagai Rais dan Ustaz Irawan Santoso sebagai Mudir Idharoh Wustho (Pengurus Wilayah) masa khidmat 2023-2028. JATMAN ialah badan otonom yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) yang beranggotakan tarekat-tarekat muktabarah di Indonesia. 

Penetapan itu diumumkan setelah Ahlu Halli wa al-Aqdi (AHWA) melakukan rapat tertutup yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Idaroh Aliyah JATMAN Dr. KH. Mashudi M.Ag bersama delapan perwakilan di Jakarta, Minggu (12/11/2023). "Hasil musyawarah AHWA menetapkan KH Muhammad Danial Nafis sebagai Rais dan saudara Irawan Santoso sebagai Mudir JATMAN Idharoh Wustho DKI Jakarta masa khidmat 2023-2028," ujar Sekjen JATMAN saat mengumumkan hasil rapat AHWA yang juga disaksikan oleh Wakil Rais Am Idharoh Aliyah JATMAN, KH Ali Mas'adi.

Usai ditetapkan sebagai Rais terpilih, KH Muhammad Danial Nafis yang saat ini memegang sanad kemursyidan Tarekat Syadzilyah menyampaikan dalam musyawarah AHWA juga menunjuk KH Hamdan Rasyid sebagai Ketua Majlis Ifta' Idharoh Wustho. "Karena JATMAN DKI belum punya saluran untuk mendudukkan perwakilan di Idharoh Aliyah, AHWA juga mengamanatkan untuk mendelegasikan KH Yunus Hamid (Muqaddam Thariqah Tijjaniyah untuk mewakili DKI Jakarta naik ke Majlis Ifta' Idaroh Aliyah," terang Kiai Nafis yang juga Khodim Zawiyah Arraudhah.

Baca juga: Tersangka, Pengemudi Tabrak Pedagang hingga Tewas di Jakarta Pusat

Untuk itu, Kiai Nafis yang sebelumnya menjabat sebagai Mudir JATMAN DKI Jakarta masa khidmat 2018-2023 mengajak seluruh pengamal tarekat yang ada di Provinsi DKI Jakarta untuk bersama-sama aktif mensyiarkan dakwah, memasyarakatkan tarekat, dan mentarekatkan masyarakat. "Tentu ini tugas berat. Saya berharap tidak hanya 1-2 thariqah yang aktif di Idharoh Wustho dan berharap thariqah lain yang ada di Jakarta tidak sekadar mengirimkan undangan, tetapi juga aktif dalam kegiatan di Idharoh Wustho," jelas Kiai Nafis.

Terakhir, Kiai Nafis berpesan dan berharap Mudir terpilih yakni Ustaz Irawan Santoso dapat menjadi pengganti dirinya dalam meneruskan perjuangan kepemimpinan serta dapat berkolaborasi dengan tarekat-tarekat di Jakarta. "Terima kasih atas segala atensi dari seluruh komponen yang hadir. Dakwah ini tidak selesai di sini (muswil), tetapi juga bisa terus eksis memberikan kontribusi dan berkolaborasi dengan thariqah-thariqah yang ada di Jakarta," ungkapnya.

Baca juga: Kondisi Stadion JIS Dipuji Kontestan Piala Dunia U-17

Sebelumnya, dalam rangkaian Musyawarah Wilayah ini juga diselenggarakan Seminar Tasawuf dengan tema Tantangan, Dinamika & Kontribusi Tarekat Tasawuf Kader Penggerak Aswaja di Tengah Perkotaan Megapolitan. Adapun menjadi pembicara dalam Seminar Tasawuf yakni Wakil Katib PWNU DKI Jakarta, Dr. KH. Taufiq Ali Damas; Cendikiawan Muda Muslim, Kepala BPIP Tahun 2018, Yudi Latif, Ph.D; Sekretaris Awal JATMAN Idharoh Aliyah, Dr. KH. Ali M Abdillah, MA. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat