visitaaponce.com

Nurdin Satibi Masuk Bursa Calon Bupati Tangerang Versi Etos Indonesia

Nurdin Satibi Masuk Bursa Calon Bupati Tangerang Versi Etos Indonesia
Direktur Eksekutif Etos Indonesia Institute, Iskandarsyah memberikan keterangan pers terkait hasil survei bursa calon kepala daerah(Ist)

NAMA Nurdin Satibi muncul sebagai kejutan dalam bursa bakal calon bupati (bacabup) Tangerang, Banten. Demikian hasil survei Etos Indonesia Institute periode 1-13 November 2023. Survei melibatkan 1.000 responden dengan margin error 1,27% dan tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Riset Etos Indonesia Institute, Pascal Willhard membeberkan enam kandidat bersaing tipis dalam perolehan presentase popularitas dan elektabilitas. Lima di antaranya merupakan nama yang sudah akrab di wilayah Kabupaten Tangerang, sedangkan satu nama yang menonjol adalah Nurdin Satibi.

"Nama Nurdin Satibi adalah salah satu nama tokoh masyarakat di Kabupaten Tangerang yang awalnya tak diperhitungkan. Dalam survei perdana prapilbup versi Etos Indonesia Institute, nama beliau (Nurdin Satibi) naik ke permukaan dan tak menutup kemungkinan akan melejit dalam bursa kandidat calon kuat pemimpin Kabupaten Tangerang," kata Pascal kepada awak media, Jumat (17/11).

Meski awalnya tidak dihitung, Nurdin Satibi selaku tokoh penggagas pemekaran Kabupaten Tangerang berhasil menduduki posisi lima dan enam besar calon kuat pemimpin di wilayah tersebut. Dengan keterlibatannya dalam organisasi kemasyarakatan, Nurdin Satibi menjadi sorotan di survei prapilbup versi Etos Indonesia. "Beliau juga aktif di organisasi-organisasi kemasyarakatan. Tak heran begitu kami tahu nama beliau masuk dalam enam besar kandidat kuat," ujarnya.

Baca juga: Arkeolog Temukan Struktur Benteng Tua di Pulau Onrust

Direktur Eksekutif Etos Indonesia Institute, Iskandarsyah menambahkan survei ini akan terus dilakukan menjelang Pilkada Kabupaten Tangerang 2024. Survei tersebut dilakukan dengan harapan mendeteksi pergerakan statistik dan dinamika politik yang mungkin terjadi.

Ia menekankan bahwa para kandidat akan melakukan persiapan menyeluruh, termasuk persiapan administratif dengan melibatkan partai politik sebagai syarat pencalonan. "Masing-masing kandidat saya yakin sedang berbenah menjelang pertarungan di 2024 mendatang. Selain hasil survei, kandidat juga akan mempersiapkan kendaraan meraka (parpol) guna maju di Pilkada 2024 sebagai syarat administratif untuk mencalonkan," kata Iskandarsyah.

"Kita akan lihat pergerakannya dari survei demi survei kami. Yang jelas pergerakan akan ada, segala kemungkinan juga bakal terjadi. Politik itu dinamis jadi kita lihat saja survei berikutnya," tandasnya. (RO/J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat