visitaaponce.com

Arkeolog Temukan Struktur Benteng Tua di Pulau Onrust

Arkeolog Temukan Struktur Benteng Tua di Pulau Onrust
Salahsa tu kawasan di Pulau Onrust(BI Provinsi DKI Jakarta)

Dinas Kebudayaan DKI Jakarta melanjutkan penelitian arsitektur benteng pertahanan di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Tim arkeolog melakukan penggalian, sebagaimana pernah dilakukan pada 1995.

"Hingga saat ini kami telah menemukan sisa bangunan dan fondasi sisi utara, sisa struktur benteng, fasilitas umum, dan temuan lepas. Dari temuan ekskavasi, terlihat fondasi ini tidak hanya terdiri dari batu dan karang, tetapi juga kayu," kata Arkeolog Candrian Attahiyyat di Jakarta, Kamis (16/11).

Ia mengatakan fondasi bangunan yang ada di Pulau Onrust saat ini penuh dengan tumpukan, sehingga tidak sesuai dengan denah lokasi dan batas-batas bastion benteng pertahanan Pulau Onrust yang digambarkan J.W. Heydt pada 1744.

Baca juga: Setelah Terhenti Sejak 1955, Penelitian Arkeologi di Pulau Onrust Dilanjutkan

Melalui ekskavasi tersebut, pihaknya berharap dapat mengungkap keberadaan benteng besar berbentuk segi lima dengan bastion pada masing-masing sudutnya. Mereka juga ingin membuktikan bahwa benteng tersebut memiliki luas mencapai dua pertiga dari Pulau Onrust.

Kegiatan ekskavasi dilakukan sejak 8 November hingga 22 November 2023. Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat pemindai lapisan tanah georadar. Dalam penggalian, Candrian dibantu oleh lima orang arkeolog muda. Tim tersebut menggali kembali benteng maupun benda-benda arkeologis yang ada di Pulau Onrust dan sekitarnya. Temuannya nanti akan disimpan dan ditampilkan di Museum Arkeologi Onrust.

Baca juga: Kutukan Peti Mati, Film Horor yang Berlatar Sejarah di Kepulauan Seribu

Ketua Satuan Pelaksana Pelayanan Museum Arkeologi Onrust, Teuku Muhamad Rizki Ramadhan mendukung kegiatan ekskavasi yang menjadi salah satu program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan di bidang Perlindungan Kebudayaan itu.

Pihaknya berharap kegiatan itu dapat menghasilkan dasar pertimbangan untuk pelestarian cagar budaya di Pulau Onrust dan dapat mendukung narasi edukasi yang disajikan oleh Museum Arkeologi Onrust kepada masyarakat yang berkunjung. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat