visitaaponce.com

DPRD DKI Ingatkan Dishub Lakukan Pemeriksaan Angkutan Nataru

DPRD DKI Ingatkan Dishub Lakukan Pemeriksaan Angkutan Nataru
Ilustrasi(Antara)

KOMISI B DPRD DKI Jakarta meminta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI secara intensif melakukan pemeriksaan armada dan awak seluruh penyedia transportasi menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Anggota Komisi B DPRD DKI Hasbiallah Ilyas mengatakan, pemeriksaan secara menyeluruh penting dilakukan untuk memastikan kelaikan pengoperasian armada demi terwujudnya keamanan, keselamatan, dan ketertiban.

“Kegiatan ramp check (pemeriksaan) angkutan itu harus sudah dilakukan. Jangan dadakan. Harus diantisipasi jauh-jauh hari,” ujarnya, Selasa (19/12).

Baca juga : Sepi Peminat, Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru Pelni di Makassar

Ia mengimbau satu pekan sebelum momen libur Nataru, Dishub DKI sudah menyiapkan personel di seluruh terminal dan pelabuhan untuk melakukan pengecekan.

“Keamanan dan kenyamanan calon pemudik itu faktor penting dan itu harus terlihat dari kesiapan armada di terminal maupun di pelabuhan,” katanya.

Baca juga : Bandara Juanda Buka Posko Terpadu Angkutan Udara Nataru

Selain armada, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi serta kenek juga penting dilakukan.

“Sopir dan kenek yang tidak sehat jangan dikasih izin jalan. Sampai yang bersangkutan dinyatakan sehat, baru dibolehkan jalan,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan telah menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN), TNI, Polri maupun Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk melakukan pengecekan armada dan pengemudi yang rencananya akan digelar selama dua minggu mulai 19 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Kita tentu berharap seluruh awak bus saat masa angkutan Nataru sudah siap beroperasi dan tidak ada kendala dari sisi kesehatan pengemudi dan memastikan awak bus bebas narkoba,” tandasnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat