visitaaponce.com

Program Penguatan Bank Sukses Dilaksanakan di Pondok Labu, Jaksel

Program Penguatan Bank Sukses Dilaksanakan di Pondok Labu, Jaksel
Indonesia Asri melaksanakan Closing Ceremony dalam program #AksiAsri Kreasi 2023/2024.(Ist)

INDONESIA Asri adalah gerakan yang diinisiasi oleh PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group), perusahaan solusi kimia dan infrastruktur.

Pada Sabtu (17/2/2024), Indonesia Asri melaksanakan Closing Ceremony dalam program #AksiAsri Kreasi 2023/2024 yang telah berjalan selama 4 bulan dari November 2023 sampai Februari 2024.

"Program #AksiAsri Kreasi kali ini merupakan program penguatan Bank Sampah yang terletak di RW 002 Pondok Labu, Jakarta Selatan, yakni Bank Sampah PMB ‘Asri’ Berseri," kata Chrysanthi Tarigan, Head of Corporate Communications PT Chandra Asri Pacific Tbk dalam keterangan pers, Minggu (18/2/2024).

Baca juga : Pra-Ajang Jakarta Marathon 2023, Chandra Asri Ajak Publik Pilah Sampah

Kegiatan Closing Ceremony mererupakan kegiatan untuk merayakan dan penutupan kesuksesan program #AksiAsri Kreasi 2023/2024.

Saat bersamaan, juga diresmikan pula Gang Asri di wilayah RW 002 Pondok Labu, Jakarta Selatan yakni Gang Makmur Asri.

Kegiatan Closing Ceremony dihadiri oleh seluruh pengurus Bank Sampah PMB ‘Asri’ Berseri, perangkat RT, perwakilan PKK, warga lainnya.

Baca juga : Rangkul Sociopreneur Octopus, Frisian Flag Perkuat Program Pemilahan Sampah

Sebagaimana Pergub DKI Jakarta Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Dalam Lingkup RW mendorong setiap lingkup RW di Jakarta untuk mengelola sampah di wilayahnya seperti pengurangan dan penanganan sampah.

Dalam proses kegiatan pengelolaan sampah dapat dilakukan melalui program Bank Sampah.

Hal ini juga yang mempengaruhi berbagai sektor seperti pemerintah pusat maupun provinsi dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk membentuk, memperkuat dan menambah Bank Sampah di lingkup RW.

Baca juga : Herbalife Gelar Program 'Global Month of Purpose' di Lima Kota

"Program #AksiAsri Kreasi 2023 yang berfokus pada penguatan Bank Sampah berupaya menyambut dan mendukung manajemen pengelolaan dan pilah sampah dalam tingkat rumah tangga," kata Chrysanthi.

Dalam kegiatan #AksiAsri Kreasi 2023, turut terlibat mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Sobat Asri (milik Indonesia Asri), yang terdiri dari empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dan satu mahasiswa  Politeknik Kesehatan Jakarta.

Program #AksiAsri Kreasi 2023 diimplementasikan di Bank Sampah Asri Berseri yang berada di RW 002 Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Baca juga : Super Indo Luncurkan Poin Pengumpulan Sampah Kemasan Plastik

Kegiatan terdiri dari edukasi kepada 40 warga, studi tiru 9 pengurus bank sampah, pelatihan 25 warga, Implementasi Gang Asri 15 warga, dan perkiraan closing 40 warga. Total warga yang terlibat dari awal hingga akhir lebih dari 50 orang.

Kegiatan #AksiAsri Kreasi 2023 dimulai dengan launching Program pada 2 November 2023, yang diisi dengan pemberian materi mengenai sampah dan pentingnya pemilahan sampah dari Rumah Tangga (RT).

Selain itu, pemberian alat penunjang manajemen Bank Sampah seperti timbangan sampah dan jaket kepengurusan, serta kegiatan sharing sessionbersama warga untuk mengetahui titik kendala mengenai pengelolaan Bank Sampah di RW 002 Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Baca juga : HW Peduli Beri Bantuan untuk Posyandu di Kelurahan Bangka, Jakarta Selatan

"Program #AksiAsri Kreasi 2023yang diikuti 40 peserta juga mengadakan #SetorSampah Reward untuk 10 nasabah dengan jumlah sampah tertinggi yang nantinya akan diberikan reward khusus yang diadakan selama 4 bulan (November 2023 - Februari 2024)," jelas Chrysanthi.

#SetorSampah Reward ini diselenggarakan untuk meningkatkan intensitas kebiasaan perilaku pilah sampah dan pengelolaan sampah di kehidupan sehari-hari.

Rangkaian selanjutnya diisi dengan Studi Tiru atau kunjungan belajar ke Bank Sampah Budi Luhur pada 30 November 2023, untuk belajar tentang manajemen pengelolaan Bank Sampah di tingkat RW. Kegiatan ini hanya diikuti oleh pengurus Bank Sampah Asri Berseri.

Baca juga : HW Peduli Bagikan Kebahagiaan untuk Anak Panti Asuhan di Bulan Suci

Program #AksiAsri Kreasi 2023 juga mengadakan pelatihan Eco-Enzyme dan Eco Pillow pada 19 Januari 2024, untuk pengurus Bank Sampah dan warga RW sekitar untuk membuka wawasan akan pentingnya perilaku pilah sampah dan cara mengelola sampah untuk menjadi bahan baku baru yang bernila ekonomi.

Antusiasme warga sangat tinggi, kegiatan ini diikuti oleh 25 warga sekitar. Rangkaian kegiatan #AksiAsri Kreasu 2023 ditutup dengan implementasi gang hijau yang kita sebut sebagai “Gang Makmur Asri” pada 11 Februari 2024.

Selain itu, ada kegiatan pembuatan Vertical Garden dari botol plastik terpilah dan kantong tanaman yang langsung dikerjakan secara bersama-sama oleh 15 orang warga sekitar

Baca juga : Dukung Pengurangan Sampah, IKPP Serang Gandeng Bank Sampah Digital

"Indonesia Asri menginisiasikan pendirian lokasi percontohan lingkungan yang asri dengan nama Gang Asri, diimplementasikan dengan penanaman tanaman hortikultura seperti sawi, cabai, pakcoy dan tanaman lainnya dengan metode penanaman hidroponik dan vertical garden,"  papar Chrysanthi.

Seluruh proses implementasi Gang Asri berkolaborasi dengan masyarakat setempat. Gang Asri nantinya akan mendukung kemandirian dan ketahanan pangan tingkat rumah tangga

Penutupan program #AksiAsri KREASI diselenggarakan pada 17 Februari 2024 di RPTRA Pinang Pola.

Baca juga : Kegiatan Plogging Day Ajak Masyarakat Lebih Peduli Lingkungan

Hasil dari program keseluruhan yang dicapai. Pertama, peningkatan nasabah Bank Sampah selama 4 bulan implementasi (November-Februari) dibandingkan 4 bulan sebelum implementasi (Juli-Oktober) ialah 50%.

Kedua, peningkatan volume sampah yang tersetor di Bank Sampah PMB Asri Berseri selama 4 bulan implementasi (November-Februari) dibandingkan 4 bulan sebelum implementasi (Juli-Oktober) ialah 25%.

Ketiga, seluruh pengurus mengetahui metode pengelolaan sampah organik dan anorganik dengan metode pembelajaran Studi Tiru dan Workshop Pelatihan.

Baca juga : Perusahaan Swasta Tanggung Iuran BPJAMSOSTEK untuk 250 Pekerja Rentan

Keempat, terdapat lokasi percontohan lingkungan yang asri yakni Gang Asri dan mampu menunjang ketahanan pangan tingkat rumah tangga.(S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat