visitaaponce.com

Caleg Stres yang Gagal di Pemilu 2024 di Depok Terus Bertambah

Caleg Stres yang Gagal di Pemilu 2024 di Depok Terus Bertambah
Ilustrasi caleg stres.(Dok. Freepik)

KOMISI Pemilihan Umum atau KPU Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) menetapkan 771 orang calon anggota legislatif untuk memperebutkan 50 kursi DPRD pada pemilihan umum legislatif 2024. Dari 771 calon anggota legislatif (caleg), dikabarkan belasan orang berkonsultasi ke psikiater rumah sakit akibat stres dan depresi.

Belasan caleg stres dan depresi akibat tidak mendapatkan suara yang signifikan setelah melakukan politik uang di pileg.

Terbaru, Sabtu (23/3) dua orang caleg Daerah Pemilihan atau Dapil Tapos-Cilodong) mengalami stres hingga depresi. Dua caleg stres itu melakukan konsultasi ke psikiater rumah sakit (RS).

Baca juga : 11 Caleg Petahana di Depok Diduga Stres karena Gagal Lolos ke DPRD Tahun 2024-2029

Poltak Sihite, salah seorang anggota tim sukses dari caleg stres itu, Minggu (24/3) mengatakan, caleg yang didukungnya suka bengong-bengong, tatapan matanya juga kadang kosong. Ia juga suka omon-omon sendiri.

"Dan tak jelas apa yang di omonkan," tutur Poltak.

Poltak mengatakan calegnya merupakan petahana DPRD Depok. Ia merasa optimis memenangi pileg serta kembali menduduki kursi DPRD Kota Depok yang didudukinya sejak 2019.

Baca juga : RS Khusus Jiwa Bengkulu Siapkan 100 Kamar untuk Caleg Stres yang Gagal di Pemilu 2024

"Sambutan warga kepadanya cukup antusias. Namun garis tangan berkata lain. Pada pencoblosan 14 Februari 2024, dia hanya mampu mengumpulkan 1051 suara jauh dari angka yang ditargetkan KPU," kata Poltak.

Mengetahui jumlah suara yang sangat jauh rendah, ia pun mulai mengeluh sakit kepala dan susah tidur.

Berjalannya waktu, sambung Poltak, calegnya yang mengetahui tak ada lagi harapan untuk kembali menduduki kursi DPRD kemudian menutup komunikasi kepada masyarakat dan kepada tim sukses.

Baca juga : Rumah Sakit Jiwa Bengkulu, Siapkan 100 Kamar untuk Caleg Stres

Sabtu (23/3) malam, kata Poltak, caleg stres yang masih tetangganya pergi ke RS dan berkonsultasi dengan dokter kejiwaan.

Saat ditanya, apakah caleg gagal tersebut meminta uangnya kembali pada masyarakat yang tidak memilihnya, Bonar menjawab tidak tahu.

“Wah soal itu belum dengar, tapi bisa mungkin caleg DPRD di Kota Depok tersebut menuntut uangnya dikembalikan karena tidak memperoleh suara yang signifikan," katanya.

Diketahui KPU Kota Depok telah menetapkan 50 anggota DPRD Kota Depok tahun 2024. Penetapan tersebut tertuang dalam keputusan KPU Nomor 251 Tahun 2024.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat