visitaaponce.com

Rumah Sakit Jiwa Bengkulu, Siapkan 100 Kamar untuk Caleg Stres

Rumah Sakit Jiwa Bengkulu, Siapkan 100 Kamar untuk Caleg Stres
Bangunan luar RUMAH Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Bengkulu.(Dok. Facebook RUMAH Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Bengkulu.)

RUMAH Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Bengkulu, telah menyiapkan sebanyak 100 kamar tempat tidur untuk para calon legislatif (caleg) yang stres atau gagal dalam pertarungan pada Pemilu 2024 yang pencoblosannya akan dilakukan 14 Februari mendatang.

RSKJ Soeprapto Bengkulu, telah menyiapkan sebanyak 100 kamar tempat tidur untuk para caleg yang gagal dalam pertarungan pada Pemilu mendatang sehingga menjadi stres ringan maupun stres berat.

Direktur RSKJ Soeprapto Bengkulu, Jasmen Silitonga di Bengkulu, mengatakan, RSKJ telah menyiapkan sebanyak 100 kamar yang disiapkan untuk menangani para caleg yang mengalami stres ringan ataupun stres berat pasca Pemilu.

Baca juga : 7 Rumah Sakit di Jawa Tengah Siap Terima Caleg Stres dan Depresi

"Saat ini sebanyak 145 kamar telah dipakai dan sebanyak 100 kamar telah kosong setelah pasien gangguan jiwa yang selesai dirawat," katanya.

Dari sebanyak 245 kamar di RSKJ, lanjut dia, telah disiapkan sebanyak 100 kamar. Kamar yang disiapkan terbagi dalam beberapa kelas yakni kelas I, kelas II dan emergency.

Perawatan yang diberikan berupa konseling hingga terapi serius. Untuk konseling, RSJK memiliki sebanyak empat orang dokter psikolog dan psikiater.

Baca juga : Simak 3 Tips Berikut, Agar Caleg Tidak Stress Usai Pileg 2024

"Semoga para caleg bisa mengatasi mentalnya dan untuk yang akut maka RSKJ melayani dengan rawat jalan dulu," imbuhnya.

Biasanya, kata dia, untuk keluhan para caleg yang gagal bertarung ini awalnya atau biasanya adalah perasaan cemas, panik dan juga gangguan emosi. Dokter psikolog nantinya akan melayani konseling para pasien yang datang.

Pada Pemilu 2024, RSKJ memperkirakan jumlah caleg stres ringan dan stres berat akan meningkat dari Pemilu 2019 lalu.

Baca juga : Antisipasi Caleg Depresi, Rumah Sakit Daerah di Jateng Buka Poli Jiwa

Sebelumnya pada Pemilu 2019 lalu, RSKJ juga menyiapkan sebanyak 300 kamar untuk melayani pasien termasuk caleg gagal. Selain itu, RSKJ tidak hanya melayani pasien dengan gangguan jiwa namun juga yang ingin berkonsultasi karena mengalami gangguan psikologis.

(Z-9)

Baca juga : RS di Bandung Siapkan Ruangan Khusus untuk Caleg Gagal yang Stres di Pemilu 2024

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat