visitaaponce.com

RS di Bandung Siapkan Ruangan Khusus untuk Caleg Gagal yang Stres di Pemilu 2024

RS di Bandung Siapkan Ruangan Khusus untuk Caleg Gagal yang Stres di Pemilu 2024
RUMAH sakit (RS) Oto Iskandar Di Nata di Kabupaten Bandung.(PPID Bandung)

RUMAH Sakit (RS) Oto Iskandar Di Nata (Otista/ RSUD Soreang), di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat menyatakan telah menyiapkan ruangan dan layanan khusus untuk para calon legislatif (caleg) yang stres atau depresi akibat gagal melaju ke DPR/DPRD lewat Pemilu 2024 mendatang.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Soreang, dr Irfan Agusta Senin (27/11) mengatakan, sejumlah ruangan memang disiapkan untuk pelayanan rawat inap bagi caleg yang stress pasca Pemilu 2024.

“Sudah disiapkan 10 ruangan khusus bagi pasien yang mengalami gangguan kejiwaan atau stress. Bahkan, bisa digunakan untuk layanan rawat inap,ujarnySelain itu, lanjut Irfan, RSUD Otto juga telah memiliki dokter spesialis kejiwaan yang bersiaga untuk pelayanan rawat inap maupun rawat jalan.

Baca juga: 7 Rumah Sakit di Jawa Tengah Siap Terima Caleg Stres dan Depresi

Penyiapan layanan kesehatan jiwa yang dilakukan menjelang pemilu 2024 dilakukan bukan tanpa alasan. Melainkan berdasarkan pengalaman pihak rumah sakit di setia- momen pemilu tahun-tahun sebelumnya.

“Pada Pemilu 2019 lalu memang ada kasus caleg yang mengalami gangguan jiwa. Tapi kasusnya ringan dan bisa dilakukan rawat jalan,” ujarnya.

Baca juga: Terlapor Komisioner KPU Tak Hadiri Sidang Soal Keterwakilan Perempuan

Daerah Rawan saat PemiluSementara itu Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar, Zacky Muhammad Zam Zam menyebut, ada sembilan daerah yang masuk kategori rawan saat pemilu di Jabar. Zacky tak merinci daerah mana yang dianggap rawan, ia hanya menyebut di antaranya Kabupaten Bandung, Majalengka, dan Tasikmalaya.“Di Wilayah Jabar ini ranking ke empat dalam skala kerawanan pemilu. Dari 27 kabupaten/kota, setidaknya ada 9 kabupaten/kota yang berpotensi awan, di antaranya ada Kabupaten Bandung, Majalengka, Tasik, dan beberapa kabupaten/kota lainnya,” ungkapnya.

Zacky mengaku telah menginstruksikan Bawaslu kabupaten/kota untuk melakukan upaya-upaya mitigasi, guna mencegah terjadinya kerawanan saat pemilu. Seperti memasifkan upaya sosialisasi, koordinasi, utamanya peserta pemilu untuk mengimbau apa yang menjadi bagian dari indeks kerawanan.

(Z-9


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat