visitaaponce.com

7 Rumah Sakit di Jawa Tengah Siap Terima Caleg Stres dan Depresi

7 Rumah Sakit di Jawa Tengah Siap Terima Caleg Stres dan Depresi
Bangsal VIP untuk pasien khusus di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta di Solo.(Antara)

RIBUAN calon anggota legislatif (Caleg) di Provinsi Jawa Tengah bakal memperebutkan kursi di dewan pada Pemilu 2024 mendatang, Dinas Kesehatan Provinsi Jateng mempersiapkan tujuh rumah sakit untuk menangani Caleg yang mengalami depresi hingga gangguan jiwa akibat kalah dalam persaingan pileg tersebut.

"Ada tujuh rumah sakit kita siapkan untuk menangani pasien alami depresi hingga gangguan kejiwaan berasal dari caleg yang gagal dalam pileg mendatang," kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Jateng Elhamangto Zuhdan.

Tujuh rumah sakit yang siap menerima caleg stress itu terdiri dari empat RSU yakni RSUD dr Moewardi Solo, RSUD Prof dr Margono Soekarjo Purwokerto, RSUD Kelet Jepara dan RSUD Tugurejo Semarang serta tiga RSJ seperti RSJD Surakarta, RSJD dr Amino Gondohutomo Semarang dan RSJD dr RM Soedjarwadi Klaten.

Baca juga : RS Khusus Jiwa Bengkulu Siapkan 100 Kamar untuk Caleg Stres yang Gagal di Pemilu 2024

Pemantauan Media Indonesia Minggu (26/11) masa kampanye Pemilu 2024 tinggal dua hari lagi, ribuan calon anggota legislatif (caleg) di berbagai daerah di Jawa Tengah mulai mempersiapkan diri menghadapi persaingan dalam memperebutkan kursi dewan, baik mempersunting akan alat peraga kampanye (APK) hingga strategi lainnya.

Berdasarkan data di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, jumlah calon anggota legislatif yang bakal bersaing dalam pileg mendatang sebanyak 1.473 caleg dari berbagai partai politik (parpol)  yang akan bertarung merebutkan 120 kursi DPRD Jateng. "Kita mulai bersiap kampanye, persaingan ketat antar calon dan partai," ungkap seorang caleg DPRD Jateng.

Berstandar internasional

Rumah sakit disiapkan untuk menangani pasien berasal dari caleg yang mengalami depresi hingga gangguan kejiwaan, lanjut Elhamangto Zuhdan, memiliki fasilitas yang berbeda baik itu jumlah ruang perawatan, tempat tidur dan fasilitas lainnya, namun ketujuh RS telah menyiapkan sesuai kebutuhan pasien. 

Baca juga : Rumah Sakit Jiwa Bengkulu, Siapkan 100 Kamar untuk Caleg Stres

"Semua sesuai standar internasional," imbuhnya.

Direktur Utama RSJ Amino Gondohutomo Alek Jusran mengatakan menggadapi caleg gagal dan mengalami gangguan kejiwaan, rumah sakit jiwa yang dipimpin telah siap menampung dan menangani caleg depresi.

"RSJ Amino Gondohutomo memiliki daya tampungnya cukup besar, dari  340 bangsal yang ada rata-rata terisi 200-an per hari, sehingga masih ada 100 bangsal masih tersedia dan dapat digunakan menampung caleg alami gangguan kejiwaan," ujar Alex Jusnan.

Baca juga : Simak 3 Tips Berikut, Agar Caleg Tidak Stress Usai Pileg 2024

Selain itu untuk menangani pasien gangguan jiwa, menurut Alex Jusnan, juga telah menyiapkan 200 perawat dan 11 dokter jiwa yang siap menangani seluruh pasien, hanya dalam perawatan dilakukan tidak ada pasien yang diistimewakan, namun perawatan disesuaikan dengan kondisi gangguan kejiwaan setiap pasien.

Hal serupa juga diungkapkan Koordinator Humas RSUP Kariadi Semarang Vivi Vira Viridianti bahwa rumah sakit plat merah ini  telah siap menampung para caleg yang mengalami depresi akibat gagal dalam pemilu mendatang. 

"Kita menyiapkan sebanyak 12 tempat tidur dan ruangan khusus pasien depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya bestandar internasional," tambahnya. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat