visitaaponce.com

Dinkes DKI Minta Warga Pakai Masker di Kerumunan untuk Mencegah Penularan Tb

Dinkes DKI Minta Warga Pakai Masker di Kerumunan untuk Mencegah Penularan Tb
Pengunjung melewati imbauan mengenakan masker saat mengunjungi pusat perbelanjaan di Jakarta.(MI/RAMDANI)

DINAS Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta meminta warga Ibu Kota supaya menggunakan masker saat berada di tengah kerumunan guna mencegah penularan tuberkulosis atau Tb.

Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan ketika seseorang yang menderita Tb, lalu batuk atau bersin tanpa menutup mulutnya, bakteri Tb dapat tersebar ke udara dalam bentuk percikan dahak (droplet).

Mycobacterium tuberculosis yang menjadi penyebab Tb dapat menyebar melalui percikan dahak pasien saat batuk atau bersin tanpa menutup mulut. Bakteri ini dapat bertahan di udara selama beberapa jam di ruangan yang lembap dan gelap sebelum akhirnya terhirup oleh orang lain (siapa saja).

Baca juga : Dinkes Agam Beri Pelayanan Kesehatan Ekstra untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Marapi

Menurut Kemenkes, perlu strategi khusus mencegah meluasnya penularan Tb. Salah satunya ialah menggunakan masker saat berada di kerumunan dan menutup mulut serta hidung saat batuk atau bersin menggunakan tisu, sapu tangan, atau lengan atas bagian dalam.

Selain itu, lanjutnya, penting untuk memastikan sirkulasi udara yang baik di rumah serta mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, juga menjalani terapi pencegahan Tb untuk orang yang berisiko tinggi, seperti pasien HIV/AIDS, tenaga kesehatan, dan narapidana.

“Masyarakat segera mengunjungi fasilitas kesehatan jika mengalami gejala Tb seperti batuk terus menerus dengan atau tanpa dahak, demam yang berlangsung lama, sesak napas, nyeri dada, dan penurunan berat badan,” ungkap Ani.

Gejala lainnya termasuk batuk berdarah, hilangnya nafsu makan, dan keringat malam meskipun tidak melakukan aktivitas fisik. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat