visitaaponce.com

DBD Merebak, Kawani Bogor Gelar Fogging

DBD Merebak, Kawani Bogor Gelar Fogging
(MI/HO)

ORGANISASI kemasyarakatan yang aktif dalam permasalahan sosial Kota Bogor yaitu Kawani Bogor telah melakukan aksi nyata untuk mewujudkan kepeduliannya terhadap warga setempat. Kawani Bogor didirikan oleh Sendi Fardiansyah pada 2023 dan masih aktif hingga sekarang. 

Beberapa aksi sosial yang baru-baru ini digencarkan ialah fogging untuk mencegah demam berdarah dengue (DBD). Dalam mengantisipasi penyebaran DBD, Kawani Bogor mengambil langkah cepat dengan melaksanakan kegiatan fogging di beberapa wilayah seperti Kelurahan Rancamaya, Kelurahan Cibogor, dan Kelurahan Paledang.

Hal ini diupayakan oleh Kawani Bogor sebagai respons atas data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor. Tercatat telah terjadi kenaikan kasus DBD mencapai angka 1.289 selama Januari hingga Maret 2024.

Baca juga : Dokter Anak Tegaskan belum Ada Bukti Jus Jambu Bisa Naikkan Trombosit Pasien DBD

Ketua Umum Kawani Bogor Sendi Fardiansyah mengungkapkan bahwa aksi fogging dapat membantu mengurangi perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. "Mari kita bersama-sama perangi nyamuk dan DBD dengan melakukan aksi fogging. Harapannya kegiatan fogging ini terus menyebar ke berbagai wilayah lain di Kota Bogor," ucapnya.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua RW 07 Rancamaya menyampaikan upaya fogging ini dapat mengurangi keresahan warga akan penyebaran DBD. "Kami sebelumnya mengajukan fogging kepada Kawani Bogor karena tercatat sudah ada enam kasus DBD di wilayah kami. Dengan fogging ini harapannya kasus DBD bisa segera menurun dan dapat mengurangi keresahan warga," lanjutnya.

Selain giat fogging, Kawani Bogor juga berkolaborasi dengan gerakan Bogor Berani untuk memberikan bantuan kepada korban banjir lintasan di RW 01 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, akibat intensitas hujan yang cukup tinggi, Minggu (24/3). Tim Bogor Berani beserta Kawani Bogor mengungkapkan bantuan yang diberikan berupa makanan untuk santap sahur bagi warga terdampak.

"Setelah mendapat info mengenai banjir, kami langsung menelusuri beberapa rumah makan di Bogor dan memberikan makanan sahur supaya bisa memenuhi 200 porsi untuk warga. Alhamdulillah kami dibantu juga oleh pemuda setempat untuk membagikan bantuan," jelas koordinator aksi.

Kolaborasi antara Kawani Bogor dan gerakan Bogor Berani yang merupakan gerakan politik anak muda Kota Bogor ini diharapkan dapat membantu warga terdampak bencana. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat