visitaaponce.com

Pemudik di Terminal Jatijajar Depok Tembus 29.116 Orang

Pemudik di Terminal Jatijajar Depok Tembus 29.116 Orang
Sejumlah penumpang melintasi area parkir bus di Terminal Jatijajar(Antara)

PEMERINTAH Kota Depok, Jawa Barat (Jabar) mencatat jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum antar kota antar provinsi (AKAP) pada Lebaran 2024, berdasarkan data sampai dengan H-1 mencapai 29.116 orang.

"Total pemudik dari Terminal Tipe A Jatijajar Kota Depok, Jawa Barat Jabar di Lebaran 2024, mencapai 29.116 orang. Diangkut 2009 angkutan umum AKAP," ujar Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri, Rabu (104). 

Angka pemudik Lebaran ini ditambah dari 7.640 pemudik gratis dengan 187 bus yang diadakan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 

Baca juga : Libur Idul Adha, Arus Penumpang Terminal Kalideres Melonjak

"Total pemudik Kota Depok yang diberangkatkan dari Terminal Tipe A Jatijajar selama arus mudik Lebaran sebanyak kurang lebih 29.116 dengan bus 2009 unit," tuturnya.

Dengan demikian ada persentase kenaikan pemudik dibandingkan tahun lalu. Supian Suri mengatakan, penggunaan bus untuk mudik Lebaran adalah mendorong perjalanan mudik yang berkeselamatan.

" Kepadatan pemudik bersepeda motor di jalan raya di tahun ini dapat dialihkan ke moda angkutan umum, salah satunya dengan bus, " imbuh dia.

Baca juga : Mudik Lebaran 2023, Ratusan Orang Diberangkatkan dari Terminal Jatijajar Depok

Ia pun bersyukur melihat antusiasme masyarakat terhadap moda angkutan umum ini. 

"Saya mengapresiasi mudik dengan bus untuk kebaikan. Kalau kita bersama-sama melakukan ini maka mudik yang berkeselamatan yang tidak menggunakan motor akan terjadi,” ujarnya.

Supian melanjutkan, tentunya dapat menambah kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi masyarakat yang ingin bersilaturahmi di kampung halaman.

Baca juga : Mudik Dilarang, Terminal Bus di DKI Ditutup Kecuali Pulo Gebang

Kepala Terminal Tipe A Jatijajar Asri Imanuel Sinuraya mengatakan di hari pertama Lebaran pada 10 April 2024 masih ada pemudik yang diberangkatkan dari Terminal Tipe A Jatijajar

"Pemudik yang diberangkatkan itu, pemudik ke tujuan Jawa Barat seperti Bandung, Sukabumi, Cianjur. Ada tujuan Jawa Tengah. Tapi tak sebanyak H-3, H-2, dan H-1. Mereka yang mudik hari pertama Lebaran untuk menghindari kemacetan saja," ucapnya.

Dikatakan Asri, saat ini Terminal Tipe A Jatijajar sudah kelihatan longgar karena banyak pemudik yang masih melaksanakan mudik di kampung halaman. 

"Mereka baru akan balik ke Kota Depok usai libur bersama pada 15 April 2024," pungkasnya (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat