visitaaponce.com

Kementan Harga Bawang Merah Naik akibat Curah Hujan Tinggi

Kementan: Harga Bawang Merah Naik akibat Curah Hujan Tinggi
Petani memanen bawang merah di Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (6/1/2024). Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan adanya tanda-tanda tren kenaik(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

SEKERTARIS Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto turut mengomentari naiknya harga komoditas bawang merah yang saat ini terjadi.

Menurutnya, kenaikan harga bawang merah yang saat ini meroket adalah sebagai imbas dari curah hujan yang tinggi.

"Banyak wilayah sentra bawang merah yang mengalami kebanjiran, antara lain seperti di Demak, Brebes, itukan sentra bawang merah yang terbesar di Indonesia ya. Itulah salah satu imbasnya harga sekarang tinggi," kata Prihasto saat ditemui di Kantor Kementan pada Kamis (25/4).

Baca juga : Ini Deretan Komoditas Pangan yang Alami Kenaikan Harga

Sebagai informasi, melansir panel harga pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) per 25 April 2024 pukul 13.10 WIB, harga rata-rata nasional bawang merah masih berada di tren kenaikan.

Saat ini, harga rata-rata nasional untuk komoditas bawang merah berada di harga Rp53.430 per kilogram.

Di sisi lain, Prihasto meyakini bahwa apabila daerah-daerah sentra penghasil komoditas tersebut sudah mulai surut dan diikuti dengan petani yang akan menanam bawang merah lagi, maka harganya sudah bisa dipastikan turun di bulan depan.

"Iyaa (sebulan lagi), kurang lebih akan turun (harga bawang merah)," pungkasnya. (Fal)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat