visitaaponce.com

Wacana Duet dengan Ahok, Pengamat Anies tak Mungkin Jadi Cawagub

Wacana Duet dengan Ahok, Pengamat: Anies tak Mungkin Jadi Cawagub
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.(Dok. AFP/Chiba)

ANIES Baswedan dinilai tidak mungkin maju sebagai calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta. Hal itu merespons wacana duet Anies-Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

"Kalau duet ini terjadi, Anies tidak mungkin jadi wakil gubernur," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie, Jumat, 10 Mei 2024.

Jerry mengatakan tidak ada dalam sejarah seseorang yang pernah menjadi gubernur turun menjadi wakil gubernur. Begitu pula dengan seorang presiden yang turun menjadi menteri.

Baca juga : Punya Rekam Jejak Menarik, Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Jakarta Dinilai Potensial

"Kalau Ahok masih bisa (jadi wakil gubernur) karena yang lalu hanya melanjutkan jabatan yang ditinggal Jokowi," ujar dia.

Jerry menegaskan Ahok menjadi Gubernur Jakarta bukan karena menang dalam pilgub. Sehingga Ahok lebih realistis menjadi Wakil Gubernur Jakarta ketimbang Anies.

"Kalau Ahok mau menjadi wakil, duet itu masih bisa terwujud. Tapi kalau Anies jadi wakil gubernur, selesai sudah (tidak mungkin terjadi)," jelas dia.

Baca juga : NasDem Harap di Masa Jeda Anies Pertimbangkan Maju Pilgub DKI Jakarta

Wacana duet Anies dan Ahok mengemuka di Pilgub Jakarta 2024. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jakarta menerima pendaftaran Anies.

"Kalau memang Bung Anies berniat maju lewat PDIP, sekarang saatnya pendaftaran di DPD. Sistemnya terbuka, silakan mendaftar. Ini masih tahap awal, nanti diputuskan oleh DPP," kata Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah DPD PDIP Jakarta, Gilbert Simanjuntak ketika dihubungi, Rabu, 8 Mei 2024.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat