visitaaponce.com

Terus Bertambah, Warga Jakarta Pindah Domisili Menjadi 197 Ribu

Terus Bertambah, Warga Jakarta Pindah Domisili Menjadi 197 Ribu
Warga melakukan perekaman data KTP elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI.(ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta menyatakan, sebanyak 197.266 telah secara mandiri mengganti NIK DKI mereka sesuai domisili masing-masing.

Kepala Disdukcapil DKI Budi Awaludin mengatakan ratusan ribu warga tersebut sudah secara mandiri mengganti KTP sesuai dengan domisili. "Itu jumlah dari Januari hingga sekarang," ucap dia, Senin (20/5).

Sebelumnya, ia menyebut pihaknya berhasil menyosialisasikan kepada warga terkait penonaktifan NIK DKI. Hal itu berdampak kepada warga yang inisiatif memindahkan NIK DKI mereka. "Iya, ternyata kan efeknya juga banyak yang berpindah (NIK) karena memang sosialisasi saat ini sudah cukup masif ke masyarakat.

Sebagai informasi, hingga Mei 2024, Disdukcapil DKI telah menonaktifkan sekitar 42.000 NIK DKI milik warga yang telah meninggal dunia. Akan tetapi, warga yang NIK DKI-nya diusulkan untuk dinonaktifkan bisa menghubungi Disdukcapil DKI agar terhindar dari penonaktifan tersebut.

Budi menyebutkan warga yang mengalami hal tersebut bisa menghubungi nomor pelayanan penonaktifkan NIK DKI melalui 081212012031. "Bingung nih mereka yang di luar negeri, di luar kota, punya surat tugas, tetapi mereka bingung mau kayak bagaimana, bisa menghubungi melalui Whatsapp center kita khusus untuk penonaktifan NIK," tandasnya. (J-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat