visitaaponce.com

Korlantas Polri Gandeng Google Hadapi Mudik Lebaran

Korlantas Polri Gandeng Google Hadapi Mudik Lebaran
Kendaraan pemudik terjebak kemacetan di pintu keluar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, pada arus mudik 2022.(Antara/Muhammad Bagus)

Korlantas Polri menggandeng Google untuk menghadapi musim mudik lebaran tahun ini. Mereka bekerja sama untuk menyediakan fitur Google Maps yang sangat berguna bagi para pemudik.

"Ada penambahan pada fitur seperti pos pengamanan, pos pelayanan, dan rest area sehingga memudahkan para pemudik," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi dalam keterangan tertulis, Rabu (8/3).

Selain itu. masyarakat juga bisa memanfaatkan Google Maps untuk memantau dinamika lalu lintas. Para pemudik akan mengetahui jika petugas menerapkan pengalihan arus, buka tutup arus, contra flow, hingga sistem satu arah secara situasional.

Baca juga: 123,8 Juta Orang Diprediksi akan Mudik Lebaran 2023

"Ini akan memudahkan masyarakat dan membuat aman serta nyaman melalui ruas jalan tersebut," tuturnya.

Eddy mengatakan kerja sama dengan Google ini adalah yang kedua kalinya. Tahun lalu mereka juga bersama-sama memberi layanan informasi soal mudik.

Baca juga: KAI Buka Pemesanan untuk 3,5 Juta Tiket Mudik Lebaran

"Mudah-mudahan masyarakat bisa menggunakan dengan baik dan ini memudahkan juga bagi kami sebagai stakeholder terkait," papar dia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi pergerakan masyarakat saat mudik lebaran 2023 akan mencapai 123,8 juta orang. Angka itu berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub.

Jumlah ini meningkat 14,2% dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa lebaran 2022. Kala itu mencapai 85,5 juta orang.
 
"Potensi pergerakan masyarakat begitu tinggi pada masa mudik tahun ini," kata Budi Karya dalam keterangan resmi, Selasa (7/3). (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat