visitaaponce.com

123,8 Juta Orang Diprediksi akan Mudik Lebaran 2023

123,8 Juta Orang Diprediksi akan Mudik Lebaran 2023
Sejumlah kendaraan roda empat memasuki gerbang Tol Cikupa, Tangerang, Banten, Minggu (8/5/2022).(ANTARA/FAUZAN)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan pergerakan masyarakat yang akan mudik di Lebaran 2023 diperkirakan mencapai 123,8 juta orang. Ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub.

Jumlah tersebut meningkat 14,2% jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun lalu yang mencapai 85,5 juta orang.

"Potensi pergerakan masyarakat begitu tinggi pada masa mudik tahun ini," kata Menhub dalam keterangan resminya, Selasa (7/3).

Baca juga: Hyundai Ajak Masyarakat Mudik Gratis Bersama Stargazer

Budi Karya menjelaskan, beberapa faktor yang menyebabkan tingginya potensi pergerakan masyarakat di masa mudik tahun ini di antaranya tidak adanya penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), perekonomian yang semakin membaik, dan tidak ada pembatasan atau larangan perjalanan.

Berdasarkan hasil survei, asal pergerakan masyarakat diprediksi didominasi dari Pulau Jawa, yaitu sebesar 62,5% atau 77,3 juta orang. Sementara lima daerah tujuan perjalanan masyarakat tertinggi untuk mudik Lebaran ialah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek, dan DI Yogyakarta.

Baca juga: Jelang Lebaran, 250 Ribu Tiket Kereta Jarak Jauh Ludes Terjual

(Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat