visitaaponce.com

Jelang Mudik Polda Metro Jaya Waspadai Kemacetan di Jalur-jalur Alrernatif Ini

Jelang Mudik Polda Metro Jaya Waspadai Kemacetan di Jalur-jalur Alrernatif Ini
Pengendara sepeda motor memadati jalur mudik motor di jalan raya Kalimalang, Jakarta.(Antara Foto/Adimaja)

POLDA Metro Jaya mewaspadai titik-titik jalur alternatif yang berpotensi mengalami kemacetan saat arus mudik maupun arus balik di Lebaran 2023. Jalur-jalur itu berpotensi dipadati pemudik yang menggunakan sepeda motor. Titik-titik rawan tersebut antara lain Jalan Raya Kalimalang untuk pemudik arah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

"Ya seperti di Kalimalang untuk yang mengarah ke timur dan kalau di arah barat itu ada Jalan Raya Daan Mogot mulai dari Cengkareng, lalu ke Tangerang, sampai nanti di ujung itu ya di Serang, Banten," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, di Terminal Kampung Rambutan, Minggu (9/4).

Latif memperkirakan sepeda motor masih menjadi sarana transportasi favorit masyarakat untuk mudik. Namun, ia mengimbau agar masyarakat yang menggunakan sepeda motor untuk mudik agar berhati-hati karena umumnya sepeda motor tidak didisain untuk jarak jauh.

Baca juga: Cipali dan Merak Diprediksi Jadi Simpul Macet Arus Mudik Lebaran

"Untuk jalur alternatif yang memang jadi favorit pemudik sepeda motor tapi kami mengimbau betul bahwa sepeda motor bukan untuk perjalanan jauh. Jadi, kami mengharapkan betul itu untuk dihindari. Kami akan melakukan penjagaan khususnya di jalur arteri," jelasnya.

Diharapkan pada para pemudik bisa mendaftarkan diri ke program mudik gratis untuk pulang ke kampung halaman. Sebab, beberapa institusi yang menyelenggarakan mudik gratis juga menyediakan jasa angkut roda dua menggunakan truk seperti yang dilakukan oleh Pemprov DKI.

Baca juga: Mudik Lebaran, Cirebon Tutup Puluhan Titik U-Turn di Pantura

Selain itu, warga juga bisa mengirimkan ke kampung halaman sepeda motornya dengan menggunakan kereta dengan tarif yang terjangkau.

"Diharapkan dengan dari Dishub ada mudik gratis. Juga dari kami dan instansi terkait di Jakarta, yang menggunakan sepeda motor larinya ke situ," tukasnya.

Pihaknya juga bakal menindak para pemudik yang melebihi kapasitas baik untuk sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Sebab, berkendara dengan melampaui kapasitas juga membahayakan keselamatan.

"Karena kami di pos-pos juga akan seperti melakukan check point. Kendaraan yang tidak sesuai peruntukannya dan sangat membahayakan bagi orang lain dan dirinya sendiri akan kami hentikan terlebih dahulu. Kami ingatkan agar betul-betul menjaga keselamatan mereka. Ini akan kami lakukan khusunya di jalur sepeda motor. Begitu juga di jalur mobil AKAP kami peringatkan kalau memang itu bahaya," jelas Latif.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat