visitaaponce.com

Kemenhub Imbau Masyarakat Atur Waktu Perjalanan Mudik

Kemenhub Imbau Masyarakat Atur Waktu Perjalanan Mudik
Sejumlah kendaraan antre memasuki pintu gerbang Palimanan 3 tol Cipali di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (16/4/2023)( ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

DIREKTORAT Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berharap agar masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran tahun ini dapat mengatur waktu untuk perjalanan mudiknya. Hal tersebut dilakukan agar para pemudik tidak bertumpuk di masa puncak arus mudik yaitu pada H-4 hingga H-1 atau tanggal 18 hingga 22 April 2023.

“Sebelumnya puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-1 atau tanggal 21 April, namun begitu ada penyesuaian waktu cuti bersama maka ada kemungkinan terjadi lonjakan penumpang sejak tanggal 18 April malam. Oleh karena itu kami minta masyarakat untuk mudik lebih awal dan menghindari puncak arus mudik,” kata Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pitra Setiawan dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/4).

Menurut dia, tolak ukur suksesnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran ini, bergantung peran aktif dari masyarakat. Sehingga, tanggung jawab tidak hanya di pemerintah saja.

Baca juga: Pemudik Mulai Padati Kalimalang Besok

“Dengan demikian kita harapkan masyarakat sebelum melakukan perjalanan mudik untuk merencanakan dan mengatur perjalanan dengan baik. Mulai dari menyiapkan kendaraannya, kondisi fisik pengemudinya, rute, dan waktunya. Sehingga semua pemudik tidak terhambat perjalanannya, lancar, dan yang terpenting dalam tiba dengan selamat di tujuan,” imbuhnya.

Selain itu, seiring dengan meningkatnya pergerakan pemudik motor pada akhir pekan lalu, Ia juga mengimbau agar para pemudik motor yang menggunakan jalan arteri nasional dapat memperhatikan waktu untuk beristirahat.

Baca juga: Ini Skenario Semarang Hadapi Puncak Arus Mudik

“Kami menyarankan agar para pemudik baik yang menggunakan mobil pribadi ataupun motor dapat memperhatikan waktu istirahat setiap 4 jam. Khusus bagi pemudik motor kami di Ditjen Hubdat menyediakan rest area di UPPKB seperti Losarang dan Balonggandu yang digunakan untuk beristirahat,” ujarnya.

Pitra juga mengimbau para pemudik untuk tetap harus berhati-hati selama perjalanan mudik meski tidak ada kemacetan.

“Meski saat ini belum ada kepadatan lalu lintas yang melonjak tinggi, tetap jaga jarak kendaraan serta patuhi rambu-rambu lalu lintas dan juga arahan petugas di lapangan. Saya juga minta bagi pemudik yang melewati jalur arteri untuk mewaspadai adanya pasar tumpah di kanan-kiri jalan,” pungkasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat