visitaaponce.com

12 Pemudik di Kapal Menuju Sikka Hilang di Perairan Laut Lorens

12 Pemudik di Kapal Menuju Sikka Hilang di Perairan Laut Lorens
Tim Basarnas Maumere melakukan pencarian 12 pemudik yang hilang di LAut Lorens.(Dok. Basarnas Maumere)

Setidaknya 12 orang pemudik yang berangkat menggunakan kapal laut menuju Pulau Sukun, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur terpaksa hilang di perairan laut Lorens, Selasa (18/4).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Mexianus Bekabel saat dihubungi media membenarkan hilang kapal yang ditumpangi oleh para pemudik.

Ia pun mengaku kejadian ini berawal dari pihaknya mendapatkan informasi dari salah satu penumpang kapal tanpa nama yang hendak mudik lebaran ke Pulau Sukun. Selanjutnya kata dia, informasinya bahwa kapal yang mereka tumpangi mengalami mati mesin di pertengahan antara pulau Pemana dan Pulau sukun Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Polda NTT Terjunkan 1.095 Personel Amankan Arus Mudik dan Idul Fitri

“Mereka berangkat pukul 05.00 Wita. Kapal yang mereka tumpangi tanpa nama. Mereka berangkat dari Pulau Kojadoi menuju Pulau Sukun dengan membawa 12 orang penumpang untuk mudik lebaran," papar dia

Lanjut dia, kapal yang mereka tumpangi tersebut pada pukul 08.00 wita mengalami patah payung klep sehingga menyebabkan kapal mengalami mati mesin.

Baca juga: Jawa Timur dan Jawa Tengah Rawan Kecelakaan selama Mudik Lebaran 2023

Ia mengaku saat ini pihaknya langsung memberangkatkan Tim SAR Gabungan untuk menuju lokasi kejadian guna melaksanakan Operasi SAR dengan mengerahkan Kapal Rescue Boat 212 Maumere, estimasi Kapal tiba pukul 12.58 Wita.

"Kita sedang turun ke lokasi untuk menyelamatkan para penumpang. Nanti kita informasikan selanjutnya," ujar dia.

Seperti diketahui, laju pemudik di sejak Senin, (17/4) di berbagai lokasi telah mulai mengalami lonjakan, Tak hanya di area Pulau Jawa tetap juga di pulau-pulau lain di Indonesia. Seperti halnya dengan jumlah pemudik yang berangkat dengan moda transprtasi lain, jumlah pemudik yang menggunakan kapal laut juga diprediksi mengalami peningkatan signifikan tahun ini.

Secara total pemerintah memprediksi akan ada lebih dari 123 juta orang yang melakukan perjalanan mudik di Lebaran 2023. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah.

(MGN/Z-9)

 


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat