visitaaponce.com

One Way dari Km 72 Tol Cipali-Kalikangkung Diperpanjang

One Way dari Km 72 Tol Cipali-Kalikangkung Diperpanjang
Foto udara antrean sejumlah kendaraan pemudik melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023)(ANTARA FOTO/Aditya Pradana )

KORLANTAS Polri menyatakan bahwa skema one way atau satu arah diperpanjang dari km 72 Tol Cipali hingga km 414 tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Humas Polri Kombes Nurul Azizah menyampaikan, awalnya penerapan one way tersebut selesai pada tanggal 19 April 2023 pukul 12.00 WIB.

"Saat ini kembali diperpanjang sampai dengan pukul 24.00 WIB dengan diiringi penerapan contraflow dari Km 40 sampai dengan Km 47," kata Nurul, Rabu (19/4).

Baca juga: Tol Kalikangkung Berlaku One Way, 30 Ribu Kendaraan Melintas Per Jam

Nurul menyebutkan perpanjangan skema tersebut dilakukan berdasarkan hasil traffic counting di Km 50A ruas Tol Jakarta-Cikampek. Rata-rata 5.800 kendaraan melaju tiap jam. 

Tidak hanya itu, hal tersebut juga berdasarkan hasil traffic counting di Km 50 Tol Jakarta Cikampek juga terjadi kenaikan volume arus lalu lintas sebesar 10%.

Baca juga: One Way Arus Mudik Mulai Diterapkan di Tol Cipali hingga Kalikangkung

"Kenaikan volume arus lalu lintas sebesar 10% yaitu dari 5.087 kendaraan/ jam pada saat ini menjadi 5.506 kendaraan/ jam pada tadi malam," terangnya.

Selain itu, skema contraflow juga diterapkan sebanyak satu lajur di sepanjang Km 36 sampai Km 47 Tol Jakarta Cikampek. Tak hanya itu, Eddy menyampaikan ada kepadatan kendaraan di sekitar Km 15 Tol Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ).

Menurutnya, dari data yang ada, kawasan tersebut kini diterapkan skema buka-tutup.

"Ekor kepadatan masih berada di Km 15 Bekasi Timur dan Layang MBZ masih dilakukan buka tutup untuk minimalisir kepadatan di pertemuan arus Km 48," sebut Eddy.

Sebelumnya, Korlantas Polri melakukan skema contraflow atau lawan arus sebanyak dua lajur di sepanjang jalan Tol Cikampek dari Km 47 sampai Km 70.

Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi menjelaskan, hal tersebut dilakukan berdasarkan data per pukul 10.00 WIB.

"Saat ini untuk mengurai kepadatan pada ruas tol Km 48 telah dilakukan cara bertindak contraflow dua lajur dari Km 47 sampai dentan Km 70 Gerbang Tol Jakarta Cikampek," kata Eddy.

Eddy menambahkan, contraflow juga diterapkan pada lajur di sepanjang Km 36 sampai Km 47 Tol Jakarta Cikampek.

Lebih lanjut, Eddy juga menerangkan terjadi kepadatan kendaraan di sekitar Km 15 Tol Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ). Pada kawasan tersebut, kini diterapkan skema buka-tutup.

"Ekor kepadatan masih berada di Km 15 Bekasi Timur dan Layang MBZ masih dilakukan buka tutup untuk minimalisir kepadatan di pertemuan arus Km 48," ujar Eddy. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat