visitaaponce.com

Contraflow akan Diterapkan Saat Mudik Lebaran 2023

Contraflow akan Diterapkan Saat Mudik Lebaran 2023
Pengendara mobil melewati jalur contraflow menuju Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.(ANTARA/HAFIDZ MUBARAK A)

PEMERINTAH mulai mempersiapkan lalu lintas arus mudik Lebaran 2023. Sejumlah strategi sudah dimatangkan demi kelancaran masyarakat menuju kampung halamannya masing-masing.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan beberapa langkah untuk melancarkan arus mudik. Salah satunya adalah akan memberlakukan contraflow di jalan tol mulai dari satu lajur, dua lajur, dan tiga lajur. Jasa Marga disebutkan sedang menambah satu lajur di tol Cikampek.

“Hingga one way jika memang volume kendaraan sudah melebihi kapasitas jalan. Baik itu di jalan tol maupun nontol, semua sudah disiapkan oleh jajaran kepolisian lalu lintas bersama pihak terkait,” sebut Aan.

Baca juga: Pemprov Jatim Mulai Siapkan Mudik Gratis

Aan menyampaikan Pelabuhan Merak, Banten pada tahun ini sudah siaga. “Salah satu kemungkinan gangguan lalu lintas adalah masalah cuaca, bencana alam. Juga di lokasi penyeberangan bila cuaca ini kurang bersahabat maka akan terjadi ketersendatan dan berpengaruh ke arus lalu lintas,” lanjut Aan.

Salah satu strategi yang akan dilakukan dalam Operasi Ketupat tahun ini di Pelabuhan Merak, Aan menjelaskan akan diterapkannya delay system pada jalan tol, sehingga kendaraan yang akan masuk ke Pelabuhan tidak berbarengan. 

"Selain itu juga akan difungsikannya Pelabuhan Ciwandan yang dikhususkan untuk kendaraan roda dua dan kendaraan besar,” tambah Aan.

Baca juga: Destinasi Wisata Tersebar di Jalur Mudik

Korlantas Polri melalui media sosial juga akan menyampaikan informasi terkait kapan diberlakukan contraflow dan one way, sehingga masyarakat bisa mengatur sendiri kapan harus memulai perjalanan mudik.

“Kita juga imbau untuk masyarakat yang melakukan mudik jarak jauh agar tidak menggunakan sepeda motor, pemerintah sudah menyiapkan mudik gratis, dan motornya juga bisa diangkut secara gratis. ini semua demi keselamatan agar masyarakat mudik nyaman, selamat, aman, dan berkesan,” tutup Aan. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat