visitaaponce.com

One Way Tol Kalikangkung - Tol Cikampek Km.72 Diharapkan Cegah Macet Arus Balik

One Way Tol Kalikangkung - Tol Cikampek Km.72 Diharapkan Cegah Macet Arus Balik
Pemberlakuakan sistem satu arah di jalur arus balik mudik lebaran 2023(Antara)

STAF Ahli Bidang Transformasi Birokrasi Kemenko PMK, Aris Darmansyah Edisaputra menyebut, saat ini semua pihak sedang mempersiapkan arus balik lebaran agar lancar seperti arus mudik kemarin.

"Karena kemarin diperkirakan arus balik puncaknya itu tanggal 24-25 April, kemudian presiden menghimbau kalau masih belum ada kepentingan di Jakarta untuk menunda agar arus balik lancar, secara overall lancar lah, di beberapa titik ada macet khusus untuk jalan darat," kata Aris saat dihubungi pada Rabu (26/4).

Adanya pemberlakuan one way dimulai dari Kalikangkung sampai dengan Km 72 Cikampek, bertujuan untuk mencegah kepadatan kendaraan di momen arus balik lebaran tahun ini.

Baca juga: Pemberlakuan One Way dari Kalikangkung ke Cikampek Diperpanjang

"Itu bertujuan untuk mencegah terjadi kemacetan parah, karena banyak yang pulang hari ini, makanya diperpanjang, dan mungkin ke depan itu bisa saja diberlakukan kembali," tegas Aris.

Aris mengungkapkan bahwa saat dirinya mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendy menjajaki trek arus balik, terjadi perlambatan gerak kendaraan saat memasuki kawasan rest area.

Baca juga: One Way dari Kalikangkung ke Cikampek Diperpanjang sampai Selasa Tengah Malam

"Kemarin saya kebetulan mengikuti kegiatan pak Menko dari Kalikangkung ke Km 72 saat arus balik ini, mengikuti one way arus balik, dimana terjadi perlambatan terutama di menjelang rest area, karena disebabkan penuhnya rest area dan beberapa pengendara berhenti di bahu jalan," tandasnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat