visitaaponce.com

Kemenkominfo Gandeng Asperindo untuk Optimalkan Layanan Pos di Masa Lebaran

Kemenkominfo Gandeng Asperindo untuk Optimalkan Layanan Pos di Masa Lebaran
Ilustrasi(Medcom.id)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) untuk meningkatkan kesiapan layanan pos di masa Lebaran 2023.

Kerja sama tersebut dilakukan sebagai langkah antisipatif menyusul total kiriman pos yang diprediksi mencapai 2,2 juta satuan selama masa Hari Raya Idul Fitri tahun ini.
 
"Penyelenggara pos berkomitmen menyiapkan penambahan kapasitas, baik dari proses pengumpulan, pemrosesan, pengangkutan, hingga pengiriman. Diperkirakan akan terjadi lonjakan volume kiriman sekitar 40% sampai 100% dibanding kondisi normal," ujar Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Gunawan Hutagalung melalui keterangan resmi, Rabu (19/4).

Baca juga: Kemenkominfo Apresiasi Komitmen Operator Seluler yang Tingkatkan Kapasitas saat Lebaran

Gunawan Hutagalung mengatakan produk yang banyak digunakan masyarakat di masa Lebaran tahun ini meliputi kiriman surat dan paket pos standar, reguler, dan prioritas.

Peningkatan kualitas operasional penyelenggara pos selama periode lebaran juga dilengkapi dengan layanan penanganan keluhan dan penyelesaian aduan konsumen sesuai Service Level Agreement (SLA),
kesepakatan soal pelayanan.

Baca juga: Lebaran di Rumah Aja? Jangan Sedih, Tonton Film Rekomendasi Prime Video

"Penyelenggara pos berkomitmen menjaga kualitas layanan kiriman dengan menyediakan sistem Customer Complaint Handling (CCH) selama 24 jam dan penyelesaian aduan sesuai SLA, sesuai imbauan pemerintah," sambung Gunawan.

Kemenkominfo juga membuka kanal pengaduan melalui Call Center 159 sebagai salah satu media Customer Complaint Handling (CCH) agar standar pelayanan pos terjamin.

Dalam kesempatan itu, Gunawan turut mengimbau masyarakat yang mudik untuk memanfaatkan jasa pengiriman pos untuk barang bawaan maupun oleh-oleh.

"Itu bisa dilakukan untuk mengurangi beban selama perjalanan, baik sebelum maupun sesudah mudik dari kampung halaman," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat