visitaaponce.com

Polres Garut Larang Pemudik Lewati Jalur Alternatif Kamojang-Cijapati

Polres Garut Larang Pemudik Lewati Jalur Alternatif Kamojang-Cijapati
Sejumlah pemudik berada di atas transportasi umum saat melintasi jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.(Antara/Raisan Al Farisi)

Kepolisian Resor Garut tidak merekomendasikan pemudik menggunakan jalur alternatif Kamojang maupun Cijapati yang menghubungkan Kabupaten Bandung-Garut karena kondisi jalan yang berbahaya. Oleh karena itu, para pemudik tetap disarankan menggunakan jalur utama lintas Nagreg meskipun kondisinya padat.

"Jalur alternatif itu tidak direkomendasikan karena kondisi jalannya sangat menanjak dan menurun, terlalu berbahaya," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Undang Syarif Hidayat di Garut, Jawaa Barat, Kamis (20/4).

Selain jalur yang ekstrem, daerah tersebut tidak direkomendasikan karena fasilitas jalan yang amsih minim. Itu membuat jalan menjadi berbahaya, terlebih bagi pengendara yang baru pertama kali melintas.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Jalur Alternatif! Simak Nih Pesan Kapolri untuk Pemudik

"Jalan alternatif itu sangat berbahaya bagi orang yang belum tahu medan. Lebih baik melintas jalan yang sudah disiapkan," imbuhnya.

Ia menambahkan, saat ini, jalur mudik lintas Kadungora-Leles sudah siap beroperasi. Jalan tersebut sudah ditambah dengan jalur baru yang diharapkan bisa mengatasi kemacetan di Jalur Kadungora-Tarogong.

Baca juga: Jelang Mudik Polda Metro Jaya Waspadai Kemacetan di Jalur-jalur Alrernatif Ini

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Aah Anwar Saefuloh.
Dishub Garut bersama kepolisian dan instansi lain sudah melakukan persiapan untuk mengatur arus lalu lintas di jalur mudik, termasuk mempersiapkan jalur alternatif untuk mengurai kepadatan di jalur utama.

Namun, untuk Jalur Alternatif Kamojang dan Cijapati, berdasarkan rapat koordinasi lintas sektoral, tidak direkomendasikan bagi pemudik, terutama yang belum tahu kondisi jalan
tersebut.
 
"Jalur Kamojang dan Cijapati tidak kita rekomendasikan karena memang kondisi jalan memprihatinkan, apalagi mereka yang belum tahu kondisi jalannya ucap Aah.

Jalur Alternatif Kamojang merupakan jalan yang menghubungkan Bandung dari arah Majalaya dan Paseh, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Sementara Jalur Alternatif Cijapati merupakan jalan yang menghubungkan Kecamatan Cicalengka dan Cikancung, Kabupaten Bandung, dengan Kecamatan
Kadungora, Kabupaten Garut.

Kedua jalur alternatif itu selama ini biasa dilintasi pengendara lokal yang sudah mengetahui medan untuk menghindari kemacetan di jalan raya wilayah Nagreg. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat