visitaaponce.com

Airnav Trafik Penerbangan Periode Lebaran 2023 Naik 20 Persen

Airnav: Trafik Penerbangan Periode Lebaran 2023 Naik 20 Persen
Sejumlah pesawat bersiap tinggal landas di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.(Antara/Yulius Satria Wijaya)

Perusahaan Umum Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia mencatat trafik penerbangan pada periode libur Lebaran 2023 naik 20% dibandingkan pada 2022. AirNav mencatat telah melayani 43.234 penerbangan serta penambahan jumlah extra flight sebanyak 2.509 penerbangan.

"Jumlah yang dihimpun tim AirNav sejak H-9 hingga hari Lebaran, bila dibandingkan dengan periode yang sama di 2022 telah naik sebesar 20%," ujar Direktur Utama AirNav Indonesia Polana Pramesti melalui keterangan tertulis, Rabu (26/4).

Data tersebut merupakan total trafik yang dipantau melalui 51 posko layanan terpadu di seluruh kantor cabang AirNav Indonesia.

Baca juga: Penumpang Bandara Soetta Naik 25 Persen, Kabar Baik untuk Industri Penerbangan Nasional

Untuk memperlancar periode libur Lebaran 2023, AirNav memastikan telah menyiapkan dukungan pelayanan navigasi penerbangan, di antaranya melalui kesiapan prosedur dan personel, serta dukungan kesiapan fasilitas navigasi penerbangan, dukungan prosedur penanganan penambahan kapasitas bandara.

Dukungan prosedur darurat, aplikasi digital informasi cuaca, dan penanganan gangguan balon udara juga siap sedia.

Baca juga: Pemberlakuan Jalur Satu Arah dari Gerbang Tol Kalikangkung Diperpanjang

"Tentunya kami telah menyiapkan beberapa skenario untuk mendukung periode libur Lebaran kali ini, termasuk gangguan yang tak terduga seperti letusan gunung berapi dan gangguan balon udara liar di rute tersibuk seperti Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Kami telah bersinergi dengan maskapai melalui laporan pilot (PIREP), pemerintah daerah hingga kepolisian setempat," jelas Polana.  (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat