visitaaponce.com

Istri dari Mantan Bupati Cirebon OTT Korupsi jadi Wakil Bupati

 Istri dari Mantan Bupati Cirebon OTT Korupsi jadi Wakil Bupati
Istri terpidana mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra (tengah) dipilih DPRD Kabupaten Cirebon menjadi wakil bupati Cirebon.(Antara)

ISTRI dari mantan Bupati Cirebon yang terpidana kasus korupsi, Wahyu Tjiptaningsih, terpilih menjadi wakil bupati Cirebon. Proses pemilihan di DPRD Cirebon dilakukan dengan sistem voting .

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, hari ini, Rabu (2/12) DPRD Kabupaten Cirebon menggelar rapat paripurna dengan agenda pemilihan dan penetapan wakil bupati Cirebon sisa masa jabatan 2019-2020.

Sekalipun sempat terjadi tarik ulur, namun akhirnya mekanisme pemilihan disetujui melalui voting. Setelah voting, dari 47 anggota DPRD Kabupaten Cirebon yang mengikuti rapat paripurna, Wahyu Tjiptaningsih yang mendapat nomor
urut 2 mendapat suara sebanyak 36. Sedangkan Cunadi yang mendapat nomor urut 1 hanya memperoleh 1 suara. Sedangkan 10 suara yang digunakan dalam pemilihan dinyatakan tidak sah.

Setelah memperoleh suara terbanyak, Wahyu Tjiptaningsih akhirnya ditetapkan sebagai wakil bupati Cirebon mendampingi Bupati Cirebon, Imron. "Dengan ini menetapkan Wakil Bupati Cirebon terpilih adalah Wahyu Tjiptaningsih," ungkap ketua panitia pemilihan (panlih) Wakil Bupati Cirebon, Mustofa.

Setelah terpilih, Wahyu Tjiptaningsih atau akrab dipanggil Ayu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada dirinya.

"Saya mengharapkan masukan dan saran dari seluruh elemen masyarakat untuk bisa membangun Kabupaten Cirebon lebih maju," ungkap Ayu.

Wahyu Tjiptaningsih merupakan istri dari mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra. Pada pilkada 2018, Sunjaya Purwadisastra yang berpasangan dengan Imron dan diusung oleh PDI Perjuangan memenangkan pilkada.

Pilkada tersebut merupakan pilkada kedua yang dimenangkan oleh Sunjaya Purwadisastra setelah sebelumnya berpasangan dengan Tasiya Soemadi. Namun pada Oktober 2018, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di rumah dinas Bupati Cirebon. Sunjaya juga telah menjalani hukuman terkait dengan jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Cirebon.

Setelah dilantik oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Sunjaya langsung diberhentikan dan mengangkat Imron sebagai Plt Bupati hingga akhirnya menjadi bupati definitif. Hingga terjadi kekosongan wakil bupati.

Sebagai partai pengusung, PDI P mengajukan dua nama untuk menjadi calon wakil bupati, yaitu Wahyu Tjiptaningsih, istri Sunjaya Purwadisastra dan Cunadi yang juga sempat menjadi sopir dari Sunjaya dan Wahyu Tjiptaningsih.(OL-13)

Baca Juga: PDIP Ajukan Wabup Cirebon Istri dan Supir Terpidana Suap

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat