visitaaponce.com

Jembatan Musi VI Dibuka Akhir Tahun

Jembatan Musi VI Dibuka Akhir Tahun
Jembatan Musi VI, Palembang, Sumatera Selatan.(ANTARA/Feny Selly)

JEMBATAN Musi VI Palembang akan dibuka dan dioperasionalkan akhir tahun ini. Menurut rencana jembatan yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dikerjakan sejak 2015 itu akan dibuka 30 Desember mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Darma Budhy mengatakan, untuk progres fisik hampir 100 persen tinggal pengujian jembatan saja. "Kami juga sudah mengajukan permohonan kepada komite keselamatan jembatan dan terowongan jalan (KKJTJ) untuk uji beban terhadap Jembatan Musi VI," jelas Budhy, Sabtu (5/12).

Ia menjelaskan, bahwa uji beban dijadwalkan akan dilakukan 26 atau 27 Desember ini. Setelah uji beban baru dinyatakan jembatan laik dilalui. "Kami perkirakan di 30 Desember bisa diresmikan oleh Gubernur Sumsel Herman Deru dan dibuka untuk umum," katanya.

Namun menurutnya, untuk sementara yang boleh melalui Jembatan Musi VI kendaraan pribadi beban ringan, sampai nanti keluarnya sertifikat dari KKJTJ. Ia pun menceritakan bahwa Jembatan Musi VI ini dibangun selama 6 tahun.

Kendalanya beragam, kalau yang awal tidak ada masalah. Lalu selesai Asian Games 2018 mengalami pengurangan dana, kemudian di 2019/2020 terkendala di pembebasan lahan.

"Untuk pembangunan Jembatan Musi VI ini menelan biaya dengan total Rp548 miliar. Dengan rincian di tahap satu sebanyak Rp334 miliar, tahap kedua Rp135 miliar dan tahap ketiga Rp78 miliar," jelasnya.

Berbeda beda dengan Jembatan Musi IV, Jembatan Musi VI lebih bermanfaat karena dia langsung mengakses ke Jalan Wahid Hasyim dan
Jalan Sultan Mansyur. "Maka saya yakin masyarakat yang di Kertapati maupun dari Sultan Mansyur, Poligon, Demang Lebar Daun dan lain-lain pasti menggunakan Jembatan Musi VI. Sehingga diharapkan bisa mengurangi kemacetan di Jalan Sudirman," ungkapnya.

Jembatan Musi VI memiliki panjang total 925 meter. Tinggi terhadap  permukaan air sungai musi 13 meter dan kapasitas muatan sumbu 8 ton. (R-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat