visitaaponce.com

Jembatan Musi VI Dibuka, Truk dan Bus Belum Boleh Melintas

Jembatan Musi VI Dibuka, Truk dan Bus Belum Boleh Melintas
Petugas sedang melakukan finishing di Jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan.(MI/Dwi Apriani)

JEMBATAN Musi VI Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (6/1) resmi dibuka. Namun, untuk sementara hanya kendaraan ringan saja yang boleh melintas.

"Kita saat ini masih melakukan uji coba lalu lintas kendaraan. Hanya untuk kendaraan ringan saja. Sedangkan kendaraan berat seperti truk dan bis dilarang melintas di atas jembatan," kata Kabid Jembatan Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, M Affandi, Rabu (6/1).

Ia melanjutkan, selama menunggu waktu sekitar tiga mingguan izin dari kementerian PU maka jembatan saat ini hanya bisa beroperasi untuk kendaraan ringan saja. Nantinya setelah keluar sertifikat dari kementerian PU terkait jembatan Musi VI ini, maka kendaraan bertonase berat bisa melintas.

"Kami juga masih melakukan pekerjaan di kiri dan kanan jalan. Perbaikan ini hanya perbaikan ringan seperti memasang sambungan di batu alam," jelasnya.

Di sisi lain, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel, Kurniawan mengatakan saat ini pihaknya beserta dengan jajaran terkait sedang melakukan evaluasi dari lalu lintas di jembatan Musi VI ini. Rencananya akan dibuka dua arah baik dari ulu maupun sebelah Ilir Palembang tapi dengan ketentuan mobil roda empat dengan kapasitas ringan.

"Ini merupakan tahap evaluasi, karena masih banyak rambu lalulintas yang belum lengkap. Nantinya akan dilengkapi seiring dengan evaluasi yang ada. Kita juga akan coba memasang CCTV jika memang diperlukan. Tentu hal ini akan kami jalin dengan pihak terkait lainnya," ucap Kurniawan.

Kasubdit I Unit Dikyaksa Polrestabes Palembang, Ipda Sopiyan mengatakan pihaknya akan menurunkan sebanyak 40 personel. Nantinya akan
dibagi dua sif.

"10 personil di seberang Ulu dan 10 personil lagi di sebelah Ilir jembatan. Selain itu nantinya akan ada petugas tambahan dari Polsek terdekat. Polsek SU I dan di seberang Ilir dibantu oleh Polsek IB 2 untuk pengamanan. Kami juga akan memantau masyarakat yang stop untuk selfie. Jika kedapatan maka akan kami tegur sebab mengganggu lalu lintas jalan," pungkasnya. (R-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat