visitaaponce.com

Hiu Paus Tutul Terdampar di Tasikmalaya

Hiu Paus Tutul Terdampar di Tasikmalaya
Hiu paus tutul (Rhincodon typus) terdampar di Laut Pantai Batununggul, Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (3/3)(MI/Adi Kristiadi)

SEEKOR hiu paus tutul (Rhincodon typus) terdampar di Laut Pantai Batununggul, Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (3/3) sekitar pukul 12.00 WIB. Sayang, hiu paus tutul yang memiliki panjang sekitar 6 meter dan berat 4 ton dalam kondisi sudah mati.

Kasatpolair Cipatujah Polres Tasikmalaya IPTU Sujarmanto mengatakan, pihaknya menerima laporan dari warga yang menemukan hiu paus tutul (Rhincodon typus) terdampar di pesisir pantai Cimanuk, Kecamatan Cikalong. Namun, sudah mati dan dalam kondisi utuh. Rencananya akan dikuburkan di dekat pantai mengingat berat dan besarnya ikan tersebut.

Sementara Kepala Desa Cimanuk, Anhar mengatakan, hiu paus tutul yang terdampar tersebut kondisinya masih hidup. Berbagai upaya sudah dilakukan nelayan dan warga untuk mengevakuasi ke laut lepas. Namun, hiu tersebut kembali terdampar hingga akhirnya menemui ajal.

"Bangkai hiu paus tutulnya masih berada di pantai Batununggul. Kami masih berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menguburkannya. Alat berat berupa beko untuk penggalian sedang disiapkan," katanya. (OL-13)

Baca Juga: LIPI: Satwa Laut Terdampar, Tanda Masalah Serius di Perairan

Baca Juga: Hiu Paus Tutul Terdampar di Sungai Wanggu

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat