visitaaponce.com

Untuk Kemandirian, 1.000 Ponpes Bakal Miliki Pertashop

Untuk Kemandirian, 1.000 Ponpes Bakal Miliki Pertashop
Menteri BUMN Erick Thohir (dua kanan) meresmikan pertashop di Ponpes Nurul Quran di Desa Surusunda, Karangpucung, Cilacap, Minggu (11/4).(MI/LIlik Darmawan )

SEBANYAK 10 ribu kios pertashop bakal dibangun di desa-desa pada 2021. Dari jumlah tersebut, 1.000 diantaranya akan dibangun di pondok-pondok pesantren (ponpes) sebagai upaya untuk kemandirian.

"Ada 1.000 pertashop yang dibangun di Ponpes, sehingga diharapkan pesantren dapat mandiri. Ekonomi umat bisa kuat, pondasi kebangsaan kita dapat berklenajutan. Tantu, kami juuga melihat potensi para pengusaha daetah," kata Menteri BUMN Erick Thohir di sela-sela peresmian Pertashop di Ponpes Nurul Quran di Desa Surusunda, Kecamatan Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah, Minggu  (11/4).

Hadir dalam kesempatan antara lain, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa, serta Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Dikatakan Erick, BUMN jangan menjadi menara gading, tetapi harus ikut serta berpartisipasi dalam pemerataan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Salah satu yang luar biasa adalah Pertamina yang juga didukung oleh BPH Migas dalam menciptakan program pertashop.

"Pembangunan pertashop merupakan upaya transformasi BUMN dalam mendekatkan kepada rakyat. Kerja sama antara Pertamina, Ponpes dan pengusaha, sangatlah menguntungkan. Pertamina sudah memiliki suplai dan hulunya, sehingga pesantren dan pengusaha daerah mendapatkan untung serta dapat berkompetisi secara terbuka," ujarnya.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengatakan saat ini di Indonesia ada 27.722 ponpes. Jumlah tersebut merupakan potensi yang luar biasa Tahun sekarang, ditargetkan ada 1.000 pertashop yang ada di Ponpes.

"Kami siap bersinergi dengan Pertamina, Ponpes dan para pengusaha daerah untuk mengembangkan pertashop ini. Program Pertashop merupakan bentuk pengembangan usaha bersama untuk meningkatkan nilai ekonomi dan daya saing masyarakat sekaligus mendekatkan pelayanan pemenuhan kebutuhan BBM Non Subsidi dan LPG Non Subsidi di Desa," katanya. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat