visitaaponce.com

Perajin Kue Tasikmalaya Kebanjiran Order Jelang Lebaran

Perajin Kue Tasikmalaya Kebanjiran Order Jelang Lebaran
Perajin kue kering Kota Tasikmalaya, Jawa Barat kebanjiran pesanan pada Lebaran 2021.(MI/Barry)

KOTA Tasikmalaya, Jawa Barat tersohor sebagai daerah kuliner, terutama perajin makanan rumahan saat Ramadan dan jelang Lebaran 2021. Kini puluhan perajin, giat melakukan produksi demi memenuhi pesanan di berbagai daerah.

Salah seorang perajin kue, Ma Entet, 83, warga Sukarindik,Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya mengatakan, pembuatan kue ini dilakukannya sejak puluhan tahun lalu dan kini telah mempunyai 28 orang karyawan. Jelang Lebaran banyak permintaan terutama dari luar daerah, karena penjualan sekarang ini tak hanya menjual langsung tapi dilakukannya melalui online atau daring.
 
"Kami membuat kue berbagai karakter disukai oleh anak-anak berupa boneka dan bentuknya lucu, tetapi ada juga yang di senangi dewasa. Untuk, bahan yang digunakan sejak puluhan tahun tak memakai bahan pengawet dan ada perbedaan rasa dengan yang lainnya," katanya, Selasa (4/5/2021).

Ia mengatakan, pemesanan kue jelang lebaran sekarang ini ada peningkatan dua kali lipat dari sebelumnya. Bahan baku juga ditambah dua kali lipat seperti terigu, gula pasir, blue band, tepung dan lainnya. Bahan baku tersebut harganya naik-turun.

"Kami berharap harga kebutuhan membuat kue stabil dan tidak ada gejolak. Alhamdulillah saat ini harganya relatif stabil, kami bisa mengerjakan pesanan kue dengan nyaman tidak kawatir harga melonjak," ujarnya.

Pihaknya mengaku, pelanggan yang memesan kue lebaran tidak hanya dari Tasikmalaya tapi dari luar daerah seperti Bandung, Purwakarta, Jakarta, Bekasi, Garut, Depok dan wilayah lainnya di Priangan Timur.

"Banyaknya pesanan membuat lowongan kerja meningkat. Alhamdulillah kita bisa membayar 28 orang pekerja dalam satu minggu. Selama ini, tidak ada hambatan dalam membuat kue lebaran karena putra dan putri hingga keponakan yang kami miliki juga turut membantu dalam pemasaran," paparnya. (OL-13)

Baca Juga: Penjual Cetakan Kue Tasikmalaya Banjir Pesanan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat