visitaaponce.com

Hari ini Merapi Luncurkan 18 Kali Lava Mengarah ke Barat Daya

Hari ini Merapi Luncurkan 18 Kali Lava Mengarah ke Barat Daya
Gunung Merapi dari sisi Kaliurang, Yogyakarta.(Antara)

GUNUNG Merapi (2.968 mdpl), dalam waktu 12 jam dari pukul 18.00 WIB hari Rabu (26/5) hingga Kamis (27/5) mengeluarkan 18 kali guguran lava pijar.

"Kesemuanya mengarah ke barat daya dengan jarak luncur maksimal hingga 1.500 meter," kata petugas Pos Pengamat Gunung Merapi, Rachmad Widyo Laksono, Kamis (27/5).

Dikatakan, instrument pengamatan yang ada di Pos Pengamatan Gunung Merapi mencatat selama 12 jam tersebut terjadi  39 kali kegempaan guguran dengan amplitudo yang berkisar antara 3 milimeter hingga 20 milimeter durasi maksimum 102 detik, kegempaan hembusan 2 kali dengan amplitudo 3 milimeter dan 6 milimeter dengan durasi maksimum 24 detik, kegempaan fase banyak atau hybrid 6 kali dengan amplitudo 3 milimeter dan durasi maksimum 9 detik, serta 1 kali kegempaan tektonik lokal dengan amplitudo 13 milimeter serta durasi 66 detik.

Dari sisi cuaca, sepanjang malam, cuaca di kawasan puncak Gunung Merapi cerah berawan, angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat laut- utara. Suhu udara, jelasnya, terpantau pada kisaran 19 derajat Celsius hibgga 23 derajat Celsius, kelembaban udara69 – 73% dan tekanan udara 872 - 918 mmHg.

"Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi," kata Rachmad.

Ia menambahkan, jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali. (OL-13)

Baca Juga: BMKG; Jakarta Hari Ini Diprakirakan Cerah Berawan

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat