visitaaponce.com

Promosi Pariwisata, Pariaman Gelar Lomba Video Kreatif DesaKelurahan

Promosi Pariwisata, Pariaman Gelar Lomba Video Kreatif Desa/Kelurahan
Pemberian hadiah lomba video kreatif promosi Pariwisata Kota Pariaman(Dok. Kota Pariaman)

KOTA Pariaman, Sumatra Barat menggelar lomba video kreatif pariwiaata antar-desa/kelurahan untuk lebih memperkenalkan potensi wisata dan budaya masing-masing desa ke khalayak. Lomba itu akhirnya dimenangi oleh Desa Kota Marapak, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. 

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan, lomba video kreatif antar desa/kelurahan itu telah dua kali dilakukan. Tema tahun ini yaitu potensi Seni Budaya yang ada di desa dan kelurahan masing-masing.

Kenapa promosi wisata Kota Pariaman harus terus kita lakukan, karena memang visi kita yang kita sepakati di RPJMD Kota Pariaman adalah daerah pariwisata. Ternyata ini sangat efektif dan tidak memakai APBD yang banyak, pengunjung yang menonton video ini ribuan orang banyaknya, secara promosi hal ini sangatlah efektif,' kata Genius di sela penyerahan hadiah di Rumah Rabuik Pasa, Jumat (2/7) Malam. 

Genius menegaskan, lewat lomba video itu, potensi anak muda di tiap desa/kelurahan pun semakin terlihat. Tercatat ada 71 desa/kelurahan yang ikut serta dalam lomba promosi wisata tersebut. 

"Bahkan ada vidio yang jumlah tayangannya mencapai 3juta kali ditonton di Channel YouTube, IG & Facebook. Sudah bisa dipastikan bahwa anak-anak muda di Kota Pariaman ini memiliki kreativitas yang tinggi, " ujar Genius. 

Genius pun mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman yang menggagas ajang tersebut. Menurutnya, ajang itu berkontribusi dalam promosi pariwisata kota Pariaman yang semakin masif. Selain itu, juga membantu upaya pemulihan ekonomi Kota Pariaman di tengah pandemi. 

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam yang hadir secara virtual turut mengapresiasi ajang tersebut. Menurutnya, upaya Pariaman bisa menjadi contoh daerah lain dalam mempromosikan pariwisata secara kreatif. 

Baca juga : Bengkulu Selatan Segera Vaksinasi Korona 273 Orang Gila

Neil juga mengaku kagum dengan kekayaan dan keberagaman seni budaya yang ada di Kota Pariaman setelah melihat hasil dari video kreatif desa dan kelurahan Kota Pariaman  

"Untuk wilayah Provinsi Sumatra Barat memang Kota Pariaman rajanya, selain destinasi wisatanya yang unggul, kerajinan Khas daerah seperti sulaman nareh dan kerajinan lainnya serta kuliner khas yang begitu lezat dan enak," ujarnya. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono mengatakan, pada lomba video kreatif tahun ini, Untuk Video Kreatif kategori Terbaik berdasarkan hasil penilaian dewan juri, untuk Juara Pertama diraih oleh Desa Koto Marapak, Juara Kedua Desa Air Santok dan Juara Ketiga diraih oleh Desa Naras I.

Sedangkan, untuk Juara Favorit I berdasarkan jumlah tayangan terbanyak di YouTube Channel berhasil diraih Desa Batang Kabuang, Juara Favorit II diraih Desa Air Santok.

"Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang tunai, piagam dan piala, sedangkan juara Terbaik Pertama mendapatkan hadiah tambahan Tour ke Lombok selama 3 hari," jelas Marhen mengakhiri.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman yang dinilai sebagai Desa Wisata (DEWI) dan Desa Digital (DEDI) terbaik di Kota Pariaman tahun 2021. (RO/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat