visitaaponce.com

Sebaiknya Penyembelihan Hewan Kurban di Hari Tasyrik

Sebaiknya Penyembelihan Hewan Kurban di Hari Tasyrik
Petugas kesehatan hewan memeriksa kesehatan hewan kurban di tempat penampungan hewan kurban, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (15/7/2021).(MI/ANDRI WIDIYANTO)

PEMERINTAH Kota Bandung meminta kepada warga yang hendak berkurban pada Hari Raya Idul Adha 1421 H,bisa melakukan penyembelihan hewan kurban pada hari Tasyrik, yaitu pada 10 sampai dengan 13 Zulhijah atau pada 21 sampai dengan 23 Juli 2021. Sehingga bisa menghindari kerumunan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pada saat penyembelihan dan pendistribusian daging kurbannya.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan, di tengah pandemi covid dan PPKM Darurat, ia mengajak warga Kota Bandung untuk tetap berkurban.

"Ini waktu yang tepat untuk berbagi kepada sesama. Kita semua berharap agar Hari Raya Idul Adha tahun ini tetap berjalan kondusif dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari pelaksanaan ibadah Sholat Idul Adha, penyembelihan, hingga pendistribusian hewan kurban," jelas Oded, Sabtu (17/7).

"Pola penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban tahun ini tetap menggunakan protokol kesehatan. Wajib jaga jarak dan saya minta pola pendistribusian dilakukan 'door to door', langsung diberikan oleh panitia kurban di kewilayahan kepada penerima manfaat. Semua langkah ini diambil karena mempertimbangkan masih tingginya tingkat penularan kasus positif Covid-19 Kota Bandung," tambahnya.

Berdasarkan surat edaran Menteri Agama, Pemkot Bandung juga memutuskan meniadakan penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha 2021 M/1442 H di masjid, musala yang dikelola masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan  atau tempat umum lainnya juga ditiadakan. Masyarakat dapat melaksanakan malam takbiran dan sholat Idul Adha di rumah atau tempat kediaman masing-masing, untuk mencegah penularan Covid-19.

baca juga: Hewan Kurban

Sedangkan soal hewan kurban, Oded mengimbau warga Kota Bandung membeli hewan kurban yang sehat sesuai syariat Islam dan termasuk kriteria hewan yang disembelih.

Ia mengimbau warga membeli hewan yang sehat dan layak. Apalagi sekarang Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung telah membuat terobosan soal kelayakan dan kesehatan hewan kurban. Yakni melalui  sebuah aplikasi bernama E-Selamat.

"Aplikasi ini dapat mendeteksi kesehatan dan kelayakan hewan kurban. Aplikasi e-Selamat memuat data hewan kurban yang telah diperiksa oleh Tim Pemeriksa Hewan Kurban," ucapnya lagi.(N-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat