visitaaponce.com

Banjir Rob Diprediksi akan Genangi Pesisir Belawan Sampai 24 Oktober

Banjir Rob Diprediksi akan Genangi Pesisir Belawan Sampai 24 Oktober
Ilustrasi pasang air laut di Belawan(ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan kawasan pesisir Belawan di Kota Medan akan digenangi banjir rob sampai 24 Oktober 2021.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan Medan Sugiyono menerangkan pihaknya melihat adanya aktivitas pasang air laut dan curah hujan tinggi di kawasan pesisir Belawan.

"Kondisi ini dapat mempengaruhi banjir pesisir," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (18/10).

Banjir pesisir tersebut dikenal dengan istilah banjir rob, yakni peristiwa naiknya air laut ke daratan karena air pasang dan menggenangi daerah sekitar laut atau kawasan pesisir.

Sugiyono mengatakan, awalnya mereka memprediksi kondisi itu baru akan berlangsung di pesisir Belawan mulai 19 Oktober 2021. Namun ternyata banjir datang lebih awal dari prediksi. BPBD Medan menyatakan pada 5 Oktober 2021 banjir rob sudah mulai menggenangi kawasan pesisir Belawan.

BPBD Medan mencatat Tinggi Muka Air (TMA) mencapai 70 cm dan merendam setidaknya 15.000 unit rumah, dengan 70.685 orang jumlah warga terdampak. Daerah terdampak berada di tujuh kelurahan di Kecamatan Medan Belawan yakni Kelurahan Belawan 1, Belawan 2, Sicanang, Bahari, Bahagia, Bagan Deli dan Labuhan Deli.

Baca juga: Empat Nelayan Terombang-ambing 11 Jam di Laut Belawan

Sugiyono mengatakan pihaknya memprediksi banjir rob masih akan menggenangi pesisir Belawan hingga 24 Oktober 2021. Karena itu dia mengimbau warga yang bermukim di kawasan itu untuk selalu waspada dan bersiap mengantisipasi dampak yang dapat terjadi.

Banjir rob dapat berdampak pada munculnya berbagai gangguan pada sektor transportasi dan aktivitas masyarakat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

"Kami juga mengimbau warga untuk selalu memantau update informasi cuaca maritim dari BMKG," pungkasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat