visitaaponce.com

BPJamsostek Sumbagsel Dampingi Atlet yang Cidera saat PON XX Papua

BPJamsostek Sumbagsel Dampingi Atlet yang Cidera saat PON XX Papua
Ilustrasi(MI/Dwi Apriani)

NUR Halim Arlendi, atlet cabang karate asal Lampung mengalami cidera pada saat Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua beberapa waktu lalu. Ia mengalami cidera saat bertanding.

Nur merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung yang telah lama bergabung dalam dunia atlet nasional Indonesia cabang karate. Kasus kecelakaan kerja yang menimpa Nur Halim Arlendi terjadi pada 13 Oktober 2021 lalu saat sedang melakukan pertandingan melawan atlet karate dari provinsi Bali.

Nur Halim mengalami patah tulang rahang yang kemudian langsung mendapatkan perawatan jaminan kecelakaan kerja di RS Provita Jayapura. Selanjutnya pengobatannya dirujuk ke rumah sakit di Bandar Lampung.

Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Kanwil Sumbagsel, Surya Rizal menjelaskan pihaknya akan proaktif menjalin koordinasi dan melakukan pendampingan kepada peserta untuk penyembuhan.

‘’Saya yakin tidak ada satupun dari kita yang menginginkan terjadinya insiden, namun tindakan preventif mutlak diperlukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan,’’ ujar Surya di Palembang, Senin (25/10).

Menurut Surya, tindakan preventif ini salah satunya adalah dengan memastikan perlindungan Jamsostek sebagai jaminan perlindungan atas kondisi sosial ekonomi yang mungkin dialami oleh setiap pekerja.

Baca juga : Ganjar Bergidik Saksikan Atlet Muda Beraksi

Atlet juga merupakan salah satu kategori pekerja yang memiliki risiko kerja cukup tinggi, termasuk seperti cabang olah raga karate yang dilakukan atlet ini.

Surya memastikan atlet yang mengalami insiden tersebut akan mendapatkan perawatan dan pengobatan sampai sembuh, tanpa ada batasan biaya sesuai kebutuhan medis.

Surya menambahkan, sebagai bentuk kepedulian kami, Kepala Kantor Cabang Bandar Lampung juga terjun langsung ke lapangan melakukan pendampingan peyembuhan peserta sehari setelah peserta tiba di Bandar Lampung dimana sebelemnya peserta telah menjalani perawatan di Jayapura.

‘’Selanjutnya pengobatan akan kita teruskan di Bandar Lampung sampai dengan peserta sembuh dan dapat berlatih kembali sebagai atlet Karate,’’ jelasnya.

Sementara itu, perwakilan keluarga dari Nur Halim Arlendi mengucapkan terima kasih kepada BPJamsostek yang sudah berkunjung ke kediaman kami untuk menjenguk anak kami.

"Terima kasih atas bantuan dari BPJamsostek yang sudah memfasilitasi perawatan dan pengobatan anak kami,’’ ujar Marlena, Ibu Nur Halim. (OL-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Baharman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat