visitaaponce.com

Banjir Masih Merendam Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Banjir Masih Merendam Kabupaten Hulu Sungai Tengah
Anak-anak bermain di sekitar rumahnya yang terendam banjir di Kecamatan Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Rabu (17/11).(ANTARA)

BENCANA banjir yang melanda Kabupaten Hulu Sungai Tengah di Provinsi Kalimantan Selatan, sejak Senin (15/11) hingga kini masih merendam ribuan rumah dan perkantoran di wilayah tersebut. Pemerintah daerah didesak segera mencari solusi mengatasi ancaman bencana banjir besar yang selalu terjadi.

"Untuk genanganan banjir di Kota Barabai mulai surut. Banjir masih melanda daerah kecamatan lain seperti Pandawan dan lainnya," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Budi Haryanto, Rabu (17/11).

Kabupaten Hulu Sungai Tengah kini ditetapkan dalam status siaga satu. Data BPBD Hulu Sungai Tengah mencatat banjir telah merendami ribuan rumah warga, perkantoran dan fasilitas umum di 22 desa di delapan kecamatan. Meliputi Kecamatan Batu Benawa, Barabai, Batang Alai Utara, Batang Alai Selatan, Batang Alai Timur, Haruyan, Pandawan dan Hantakan.

"Desa Sumanggi, Kecamatan Batang Alai Utara merupakan salah satu yang terparah dilanda banjir, dimana luapan air sungai menyebabkan rusaknya tiga jembatan gantung, sebuah tanggul jebol dan rusaknya jalan. Selain beberapa jembatan darurat di Hantakan putus dan longsor di beberapa lokasi yang membuat aktivitas warga terganggu," ujarnya.

Saat ini ada 505 jiwa mengungsi yang tersebar di lima lokasi seperti SMAN 1 Barabai, Gedung Djoang Barabai, Mesjid Agung Barabai, Langgar Al-Akhyar dan Mesjid Shulaha Barabai. Jumlah warga terdampak banjir ini sebanyak 2.000 keluarga atau 5.500 jiwa. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat