visitaaponce.com

Ganjar Rehabilitasi Rumah Warga, Bantu Pasien Stroke

Ganjar Rehabilitasi Rumah Warga, Bantu Pasien Stroke
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek empat rumah warga penerima rumah sehat layak huni dan listrik murah di Kabupaten Banyumas, Rab(dok.humas)

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendatangi empat rumah warga penerima rumah sehat layak huni (RSLH) dan listrik murah di Kabupaten Banyumas dalam rangka mengentaskan kemiskinan ekstrem di Jateng. Dari empat rumah yang menerima bantuan, terdapat dua anggota keluarga yang menderita stroke.

Warga penderita stroke pertama merupakan anak dari Karsinah (80) yang tinggal di Desa Kebocoran, Kecamatan Kedungbanteng. Di usianya yang renta, Karsinah harus mengurus sang anak yang berbaring di tempat tidur.

Kemudian, kediaman kedua yang didatangi Ganjar adalah milik Caslani (58), Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok. Caslani sehari-hari juga menemani sang istri yang mengalami stroke.

"Kita memastikan hari ini mengecek RSLH dan listrik murah di Banyumas, memang dalam catatan kita betul-betul masuk kategori (kemiskinan) ekstrem. Dilalah (kebetulan) itu ya ternyata di dua rumah ini keluarganya ada yang stroke," kata Ganjar, Rabu (12/1/2022).

"Ini langsung mau kirim besok, untuk membantu kesehatan mereka kita kirim dokter, ada juga kursi roda dari pak bupati langsung," bebernya.

Ganjar juga mengajak para pimpinan daerah, BUMN, BUMD maupun masyarakat berperan aktif menangani kemiskinan ekstrem di wilayah masing-masing dengan cara bergotong royong. 

"Di tahun ini kita genjot program pengentasan kemiskinan ekstrem, nah pola kerjasama dengan keterlibatan BUMN, BUMD, Swasta, Baznas dan warga sekitar yang bergotong royong," ucapnya.

Selain RSLH, sejumlah program mulai dari pembangunan rumah layak huni hingga bantuan program listrik murah terus digencarkan.

Tercatat, ada lima kabupaten di Jateng yang masuk prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem yakni Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Kebumen. (Ant/OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat