visitaaponce.com

BNPB Video Lumpur Bergerak di Lokasi Gempa Pasaman bukan Likuefaksi

BNPB: Video Lumpur Bergerak di Lokasi Gempa Pasaman bukan Likuefaksi
Suasana ruang sekolah yang rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat.(Antara)

BEBERAPA jam setelah gempa bumi berkekuatan 6,1 SR mengguncang wilayah Kabupaten Pasaman pada Jumat (25/2) lalu, beredar video lumpur bergerak. Kejadian itu pun diasosiasikan seperti likuefaksi pascagempa di Palu pada 2018.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan bahwa berdasarkan kaji cepat dan pemetaan melalui udara oleh tim BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, didapatkan dokumentasi visual dari pesawat nirawak atau drone.

Baca juga: Menko PMK: Kebutuhan Pokok Pengungsi Gempa Sumbar Jadi Prioritas

Hasilnya, secara jelas memperlihatkan sejumlah titik longsoran di hulu Talamau, yang kemudian masuk ke sungai dan terbawa aliran sungai ke hilir. Kemudian, menghantam beberapa rumah penduduk.

"Dari temuan fakta hasil kaji cepat dan pemetaan tersebut, fenomena yang terjadi di Pasaman dipastikan bukan likuefaksi. Tetapi, banjir lumpur akibat longsor yang terjadi di hulu," ujar Abdul dalam keterangan resmi, Minggu (27/2).

Baca juga: Pemerintah Salurkan Bantuan kepada Keluarga Korban Gempa Sumbar

Menurutnya, kejadian ini lebih mirip dengan banjir sedimen yang terjadi di Sigi akibat luapan bah bercampur pasir dari Sungai Poi, yang berasal dari longsoran akibat gempa 2018 Palu.

"BNPB mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar berpartisipasi meredam kabar dan informasi yang belum diyakini kebenarannya," pungkasnya.(OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat