visitaaponce.com

Harga Bawang Merah dan Putih di Sulteng Kompak Naik

Harga Bawang Merah dan Putih di Sulteng Kompak Naik
Stok bawang putih di Jakarta masih mencukupi, sementara di beberapa daerah mulai berkurang sehingga harganya naik.(dok.ant)

HARGA bawang merah dan bawang putih di pasaran Palu, Sulawesi Tengah, mengalami penaikan. Kekurangan stok menjadi pemicu.

Pantauan Media Indonesia di Pasar Tradisional Inpres Manonda Palu, harga bawang merah naik menjadi Rp35 ribu per kilo gram dari harga sebelumnya Rp25 ribu per kilo gram.

Sedangkan harga bawang putih Rp40 ribu per kilo gram dari harga sebelumnya Rp30 ribu per kilo gram.

Salah satu pedagang bawang, Muhamad Amir mengaku, penaikan harga bawang merah dan putih sudah terjadi sejak awal Maret 2022.

Menurutnya, penyebab utama naiknya harga dua kebutuhan dapur rumah tangga itu karena stok yang menipis di tinggkat pedagang.

“Selain itu harga pembelian di distributor sudah naik. Makanya harga kami naikkan juga,” terang Amir saat ditemui di Pasar Tradisional Inpres Manonda Palu, Minggu (6/3).

Pedagang lainnya, Andi Sunardi menambahkan, penaikan harga bawang merah dan putih saat ini masih terbilang wajar.

Pasalnya, penaikannya belum mencapai Rp50 per kilo gram seperti penaikan sebelum-sebelumnya.

“Masih wajarlah penaikan ini karena tidak begitu berat juga,” ujarnya.

Andi menyebutkan, harga bawang merah dan putih bisa kembali normal jika ketersedian stok di tingkat distributor mulai banyak.

“Kami tinggal menunggu. Menurut distributor dua pekan kedepan suplai masuk ke pasar akan banyak. Dan dipastikan harga akan normal,” tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Harga Cabai di Bengkulu Capai Rp60 Ribu per Kg

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat