visitaaponce.com

BMKG Benarkan Ada 8 Titik Panas di Kaltim

BMKG Benarkan Ada 8 Titik Panas di Kaltim
Ilustrasi petugas melakukan proses pendinginan lahan gambut yang terbakar di wilayah Kalimantan.(Antara)

BADAN Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG) membenarkan adanya delapan titik panas (hotspot) di wilayah Kalimantan Timur. 

Adapun hotspot yang terpantau dari satelit berdasarkan tingkat kepercayaan menengah, berada di dua kabupaten.

“Kalau BMKG mengamati hotspot dari satelit, berdasarkan tingkat kepercayaan menengah, memang benar ada. Tapi kalau tingkat kepercayaan tinggi, tidak ada ya,” jelas Kepala Pusat Meteorologi Publik BKG Fachri Rajab saat dihubungi, Sabtu (2/4).

Baca juga: KLHK Mulai Siapkan Langkah Antisipasi Karhutla

Pihaknya juga menekankan adanya kemungkinan hotspot di wilayah lain, terutama di delapan provinsi yang rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Mengingat sudah memasuki musim kemarau dan curah hujan berkurang, otomatis potensi kebakaran lahan akan tinggi.

“Mungkin saja meluas, karena sudah memasuki musim kemarau. Kalau curah hujan berkurang, otomatis potensi kebakaran lahan semakin tinggi. Terutama di delapan provinsi yang rawan karhutla,” imbuhnya.

Diketahui, 8 provinsi dengan status rawan karhutla, yakni Kepulauan Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. Lalu, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat