visitaaponce.com

Prabowo Serahkan Kunci Rumah ke Ahli Waris Pahlawan KRI Nanggala 402

Prabowo Serahkan Kunci Rumah ke Ahli Waris Pahlawan KRI Nanggala 402
Menhan Prabowo menyerahkan kunci pada ahli waris pahlawan KRI Nanggala 402(MI/Heri S)

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan kunci rumah kepada ahli waris Pahlawan KRI Nanggala 402 di Desa Kedungkendo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (20/4). Perumahan khusus Pahlawan KRI Nanggala 402 tersebut dibangun atas instruksi Presiden Jokowi. Pengerjaannya diserahkan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Perumahan ini dibangun di atas lahan 2 hektare dan mulai dibangun sejak 23 Agustus 2021. Ada 53 unit rumah khusus untuk Pahlawan KRI Nanggala 402. Terdiri dari satu unit tipe 90 dengan luas tanah 320 meter persegi yang diperuntukkan bagi perwira tinggi.

Kemudian tujuh unit tipe 72 dengan luas tanah 280 meter persegi bagi perwira menengah. Selanjutnya 10 unit tipe 54 dengan luas tanah 280 meter persegi bagi perwira pertama. Sisanya 35 unit tipe 45 dengan luas tanah 240 meter persegi untuk bintara dan tamtama.

Baca juga: Kisah KRI Nanggala 402 Jadi Inspirasi Novel Renjana Biru di Morotai

Dalam sambutannya, Prabowo mengatakan rumah ini diberikan sebagai penghargaan pemerintah pada Pahlawan KRI Nanggala 402. Menurut Prabowo, pemberian rumah tersebut sudah lengkap dengan sertifikatnya.

"Doa terbaik juga terus kita panjatkan untuk seluruh awak KRI Nanggala 402. Mereka adalah putra-putra terbaik ibu pertiwi. Pahlawan-pahlawan bangsa yang turut berjasa menjaga kedaulatan NKRI," kata Prabowo.

Direktur Rumah Khusus Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Yusniewati menambahkan perumahan khusus Pahlawan KRI Nanggala 402 ini juga dilengkapi fasilitas yakni penerangan jalan umum, air, jalan hingga ruang serba guna. 

"Perumahan ini dibangun 4 tipe sesuai tingkat kepangkatan masing-masing awak yang gugur," kata Yusniewati.

Seperti diketahui, KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam pada 25 April 2021 di Perairan Bali. KRI Nanggala 402 selama 40 tahun menjaga perairan nusantara dalam senyap dan memegang moto "Tabah Sampai Akhir".(OL-5)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat