visitaaponce.com

Polda Lampung Gelar Simulasi Evakuasi Udara di Tol Trans Sumatra

Polda Lampung Gelar Simulasi Evakuasi Udara di Tol Trans Sumatra
Latihan evakuasi udara oleh Polda Lampung(MI/ Cri Canon Ria Dewi)

POLDA Lampung menggelar latihan simulasi evakuasi udara di Jalan Tol Trans Sumatera KM 87 B, Rabu (27/4). 

Kegiatan simulasi tersebut dihadiri Karo Ops Polda Lampung Kombes Wahyu bintono Hari Bawono, Dansat Brimob Polda Lampung Kombes Wahyu Widiarso dan Kasubid Penmas AKBP Rahmad Hidayat. 

Kepala Biro operasi (Karo Ops) Polda Lampung Kombes Wahyu Bintono Hari Bawono mengatakan kegiatan simulasi evakuasi udara yang diselenggarakan untuk mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat, khususnya selama arus mudik dan arus balik, termasuk di ruas-ruas jalan yang ada di provinsi Lampung, Jalan Tol Trans-Sumatera, lintas timur, lintas tengah dan lintas barat,” imbuhnya. 

Wahyu menjelaskan, latihan evakuasi udara merupakan bentuk pertolongan pertama bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor, khususnya kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang melintas di jalan tol maupun di ruas jalan arteri lainnya. 

Hal itu dilakukan ketika pengendara atau penumpang mengalami situasi yang membutuhkan pertolongan sangat cepat, seperti sakit mendadak, kecelakaan lalu lintas, maupun situasi-situasi lainnya yang membutuhkan pertolongan dengan segera dan perlu pertolongan pertama.

“Dengan situasi yang ada selama arus mudik dan arus balik, tentunya terjadi peningkatan volume kendaraan yang melintas, jadi diperlukan langkah-langkah yang strategis dengan menggunakan helikopter untuk mengevakuasi setiap masyarakat yang membutuhkan pertolongan pertama, selanjutnya nanti akan kita bawa ke rumah sakit yang menjadi rujukan,” kata Wahyu. 

Ia juga menjelaskan untuk pengamanan Lebaran Idul Fitri tahun ini fokus untuk memperlancar kendaraan yang akan melaksanakan arus mudik dan arus balik lebaran, tentunya dengan memperhatikan aspek-aspek kepatuhan dalam berlalu lintas dan keselamatan dalam berkendara. 

“Saat ini Polda Lampung juga menyediakan layanan Call Centre 110, bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik, jika ada sesuatu hal yang membutuhkan pengamanan dari aparat kepolisian, diharapkan masyarakat segera menghubungi call center 110, Polda Lampung akan merespon dengan cepat untuk melayani masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran 1443 H Tahun 2022,” tandasnya. 

Dalam latihan simulasi evakuasi udara ini, Polda Lampung melibatkan unsur gabungan dari personil jajaran Polda Lampung, personil Baharkam Polri dan Satuan Brimob Polda Lampung. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat