visitaaponce.com

Ganjar Harkitnas Momentum Kemandirian Paska Krisis Covid-19

Ganjar: Harkitnas Momentum Kemandirian Paska Krisis Covid-19
Ganjar, saat menjadi inspektur upacara peringatan Harkitnas 2022 di Lapangan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Jumat (20/5)(MI/Haryanto)

DALAM  rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2022 ke-114, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan, Harkitnas adalah momen yang tepat bangsa Indonesia untuk bangkit setelah dua tahun dihajar pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat menjadi inspektur upacara peringatan Harkitnas 2022 di Lapangan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang, Jawa Tengah pada Jumat (20/5).

"Yang pertama, ini momentum untuk bangkit setelah pandemi dan presiden juga sampaikan kemarin silahkan buka masker (di tempat terbuka) itu sebenarnya sinyal untuk bangkit," kata Ganjar dalam keterangannya.

Ganjar menambahkan, di Harkitnas ini kebangkitan ekonomi harus segera diwujudkan secepat mungkin. Jangan sampai, isu global seperti peperangan berdampak lebih banyak dan harus tercipta kemandirian ekonomi.

Dengan menjadi tuan rumah pada gelaran konferensi G20 tahun ini, Ganjar berharap bangsa Indonesia bisa mengoptimalkan kesempatan sebanyak mungkin.

"Peran pemerintah dalam G20 akan mempengaruhi kondisi global. Maka momentum kebangkitan ini kita jadikan semangat bersama untuk lebih mandiri lagi," ungkap Ganjar.

Kemandirian ekonomi harus disiapkan guna mengantisipasi krisis global yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Maka, potensi-potensi sumber daya alam di Indonesia harus dimanfaatkan dengan baik dan cepat.

"Ekonomi kita mesti mandiri kita siapkan betul. Krisis globalnya diantisipasi dengan kekuatan lokal, kita gerakkan elemen yang ada. Artinya pada sektor sekarang yang mengalami posisi tidak mudah, seperti pangan dan energi mesti cepat," tandas Ganjar.(OL-13)

baca juga: Anies Tetapkan Jabatan RT/RW Tidak Boleh 3 Periode, PKS: Regenerasi

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat